Akibat Terlau Sering Memakan Makanan Pedas Yang Berlebihan

Komentar

Manusia pada wajarnya memiliki berbagai macam selera baik itu gaya hidup, penampilan, sampai pada makanan sekalipun. Salah satunya di Indonesia,banyak sekali tersaji berbagai macam makanan yang mampu menggugah selera makan kita karena di indonesia sendiri memiliki budaya yang beragam sehingga makanan khasnya pun juga berbeda-beda.

Berbicara masalah makanan, jika kamu adalah seorang pencinta rasa pedas. Makanan pedas memang banyak disukai khususnya warga Indonesia. Mereka beranggapan bahwa pedas itu terasa nikmat, makan serasa ada yang kurang jika tidak pedas. Bagi sebagian orang dari kita tidak lengkap rasanya jika menikmati masakan kalau tidak ada rasa pedasnya. Rasa pedas sudah begitu akrab di lidah orang Indonesia.Beberapa Akibat Kebanyakan Memakan Makanan Pedas:

1. Refluks Asam



Refluks asam adalah pengaliran kembali isi lambung ke dalam kerongkongan. Penyakit ini dapat menyebabkan nyeri, peradangan, serta kerusakan kerongkongan. Makanan pedas merupakan kombinasi asam. Ketika terlalu banyak asam masuk kedalam perut, maka akan berpotensi merusak dinding-dinding lambung.

2. Gastritis (Maag) Akut



Gastritis disebabkan karena peradangan dari mukosa lambung, membran yang melapisi perut. Serangan ringan gastritis terkadang dirasakan sesekali. Namun kebanyakan  dari beberapa orang berpikir itu hanyalah gangguan pencernaan sederhana. Maag akut biasanya ditandai dengan gejala seperti muntah, mual, demam, diare, serta sakit kepala.

3. Ulkus Gaster (Tukak Lambung)


Makanan pedas dapat menyebabkan luka pada lapisan mukosa yang sensitif atau pada usus kecil, yang biasa disebut duodenum (ulkus duodenum), atau juga di esofagus (ulkus kerongkongan). Tukak lambung yang menyakitkan biasanya menyebabkan rasa terbakar di perut, mual, muntah, dan penurunan berat badan.

4. Insomnia



Terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas dapat meningkatkan temperatur tubuh yang menyebabkan insomnia (susah tidur). Untuk pencegahan, sebaiknya kamu menghindari makan makanan pedas di saat makan malam.

BACA JUGA 12 Mitos Tentang Tubuh Manusia Namun Faktanya Ternyata Begini


5. Kehilangan Nafsu Makan

Memang hal ini tidak dirasakan oleh sebagian besar penikmat makanan pedas, namun ada satu kasus dimana orang yang selalu makan makanan pedas maka nafsu makannya menjadi kurang dan cenderung untuk minum lebih banyak air.

6. Sakit Kepala

Makanan pedas mengakibatkan kamu terkena serangan sakit kepala dari dampak penyakit gastritis. Karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas.

7. Bau Mulut dan Pengeroposan pada Gigi

Asam lambung yang naik akan mengakibatkan bau mulut, dan gigi menjadi gampang berlubang karena adanya kandungan asam yang berlebihan pada mulut kamu.

8. Mulas / Sakit perut dan Diare

Pedas yang sangat juga bisa langsung menyebabkan seseorang merasa mulas.
Terlalu banyak makan pedas menyebabkan iritasi pada pencernaan yang menyebabkan meningkatnya gerakan usus sehingga mulas-mulas dan menimbulkan masalah pencernaan. Jika kondisi ini terjadi, kamu bisa mengatasinya dengan memakan makanan yang bersifat menyerap seperti roti.

9. Sariawan

Terlalu sering makan makanan yang pedas maka anda rentan terkena sariawan apa lagi ditambah pola hidup anda yang kurang sehat sehingga rentan sekali terkena penyakit ini. Dan hal yang terparahnya ialah sariawan akan berlanjut ke kayap yang akan tumbuh disekitar bibir dan mulut sehingga mengganggu kenikmatan makan kamu.

10. Menurunnya Kepekaan Lidah

Semakin lama orang terbiasa mengkonsumsi makanan yang pedas maka kepekaan lidahnya menurun. Bagi orang lain satu sendok sambal sudah sangat pedas tetapi bagi orang yang terbiasa makan pedas satu sendok hanya sedikit merasakan pedas. Ini tidak hanya berlaku pada rasa pedas saja tetapi juga berpengaruh terhadap pengecapan rasa lainnya seperti manis, asin, asam dan pahit. Menurunnya indera pengecapan ini tidak jauh berbeda pada berkurangnya pendengaran orang berada dilingkungan bising, keduanya mempunyai akibat yang permanen.


BACA JUGA  Jangan Pernah Abaikan 10 Gejala Penyakit pada Anak Berikut ini, 4 dan 5 Efeknya Fatal

KESIMPULAN :
Ada banyak manfaat yang terkandung dalam cabai misalnya menambah nafsu makan, mengendalikan pencemaran mikroba, mencegah kanker, memperlancar sistem pencernaan, menyehatkan jantung, serta mengandung sumber vitamin A, B, C dan E.

Bagi kamu pencinta makanan pedas. Sudah saatnya untuk memperhatikan pola makan kamu. Usahakan tidak terlalu banyak memakan makanan pedas karena akan berdampak negatif bagi kesehatan. Memakan makanan pedas merupakan kebiasaan yang sulit untuk dihindari karena jika seseorang yang terbiasa memakan makanan pedas akan cenderung merasa ada yang kurang jika tak mengkonsumsi makanan pedas seperti memakan sayur tanpa garam. Sebenarnya boleh saja mengkonsumsi makanan pedas asalkan dengan kadar tingkat kepedasan yang tidak berlebihan dan secukupnya.
Top