7 Ciptaan Allah yang Tak Akan Hancur Saat Akhir Zaman Tiba


Peristiwa hari akhir atau yang biasa disebut dengan hari kiamat merupakan peristiwa kehancuran yang sangat luar biasa, Dimana seluruh makhluk hidup akan mati dan peristiwa ini belum pernah terjadi sebelumnya. Tidak ada yang tau kapan terjadinya akhir zaman tersebut termasuk para nabi Allah, dan dipastikan akhir zaman itu pasti terjadi seperti disebutkan pada alquran:

الْقَارِعَةُ .مَا الْقَارِعَةُ .وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْقَارِعَةُ .يَوْمَ يَكُونُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوثِ .وَتَكُونُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوشِ

Artinya: "Hari kiamat. Apakah hari kiamat itu? Tahukah kamu apakah hari kiamat itu? Pada hari itu manusia seperti anai-anai yang bertebaran. Dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur hamburkan." (QS Al Qariah: 1-5).

Meski kita tau bahwa pada saat akhir zaman seluruh alam semesta beserta isinya akan hancur Allah SWT. Menghendaki beberapa ciptaannya yang tak binasa saat kiamat tiba, apa sajakah itu ?.

BACA  JUGA : Azab Dunia dan Siksa Nerak akan Diperoleh Orang yang Melakukan 5 Perbuatan Hina ini

1.Surga dan Neraka

Jika sangkakala ditiupkan, Allah telah menjelaskan bahwa surga dan neraka tak akan binasa. Dalam hal ini Allah telah menyatakan kekekalan surga dan neraka salah satunya dalam  Al-Qur'an,

فَأَمَّا الَّذِينَ شَقُوا فَفِي النَّارِ لَهُمْ فِيهَا زَفِيرٌ وَشَهِيقٌ .خَالِدِينَ فِيهَا مَا دَامَتِ السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ إِلَّا مَا شَاءَ رَبُّكَ ۚ إِنَّ رَبَّكَ فَعَّالٌ لِمَا يُرِيدُ .وَأَمَّا الَّذِينَ سُعِدُوا فَفِي الْجَنَّةِ خَالِدِينَ فِيهَا مَا دَامَتِ السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ إِلَّا مَا شَاءَ رَبُّكَ ۖ عَطَاءً غَيْرَ مَجْذُوذٍ

"Adapun orang-orang yang celaka, maka (tempatnya) di dalam neraka, di dalamnya mereka mengeluarkan dan menarik nafas (dengan merintih), mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain). Sesungguhnya Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap apa yang Dia kehendaki. Adapun orang-orang yang berbahagia, maka tempatnya di dalam surga, mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain); sebagai karunia yang tiada putus-putusnya." (QS. Huud, 106-108).

2.‘Arsy atau Singgasana Allah
Singgasana Allah ini tidak akan hancur karena sudah mendapatkan jaminan dari Allah akan  keabadian dan kekekalan Arsy sebagaimana yang telah diterangkan Hal ini diungkapkan dalam firman-Nya,

وَقَالُوا الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي صَدَقَنَا وَعْدَهُ وَأَوْرَثَنَا الْأَرْضَ نَتَبَوَّأُ مِنَ الْجَنَّةِ حَيْثُ نَشَاءُ ۖ فَنِعْمَ أَجْرُ الْعَامِلِينَ .وَتَرَى الْمَلَائِكَةَ حَافِّينَ مِنْ حَوْلِ الْعَرْشِ يُسَبِّحُونَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ ۖ وَقُضِيَ بَيْنَهُمْ بِالْحَقِّ وَقِيلَ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

"Dan mereka berkata, 'Segala puji bagi Allah yang telah memenuhi janji-Nya kepada kami dan telah memberikan tempat ini (surga) kepada kami sedang kami (diperkenankan) menempati surga di mana saja yang kami kehendaki. Maka surga itulah sebaik-baik balasan bagi orang-orang yang beramal.' Dan engkau (Muhammad) akan melihat malaikat- malaikat melingkar di sekeliling 'Arsy bertasbih sambil memuji Tuhannya; lalu diberikan keputusan di antara mereka (hamba-hamba Allah) secara adil dan dikatakan, 'Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam'," (QS. Az- Zumar, 74-75).

3.Kursi Milik Allah
Selain singgasana Allah, ada pula kursi milik Allah. Seperti apakah kursi Allah? Rasulullah ﷺ bersabda, “Tidaklah langit yang tujuh dibanding kursi kecuali laksana lingkaran anting yang diletakkan di tanah lapang,” (HR. Ibnu Hiban, No.361, Shahih).

4.Lauh Mahfuzh

Lauh mahfuzh adalah catatan manusia selama hidupnya  yang telah tercatat jelas di dalamnya. Kitab yang berisikan segala sesuatu tentang takdir manusia ini tidak akan hancur meskipun datang
hari kiamat. Sebagaimana yang telah dikatakan dalam Al Qur'an,

وَمَا مِنْ غَائِبَةٍ فِي السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ إِلَّا فِي كِتَابٍ مُبِينٍ

"Tiada sesuatu pun yang ada di langit dan di bumi, melainkan terdapat dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh)," (QS. An-Naml: 75).

5.Qalam atau Pena

Mungkin kita akan terheran-heran mengapa pena tidak akan hancur di hari akhir. Namun, yang dimaksud bukanlah pena seperti yang kita lihat atau sering gunakan. Pena yang tidak akan hancur di hari kiamat kelak adalah Qalam atau pena Allah.

Para ulama sepakat bahwa Qalam adalah makhluk pertama yang diciptakan oleh Allah sesuai dengan sabda Rasulullah bahwa sesungguhnya makhluk yang pertama kali diciptakan oleh Allah adalah Al Qalam. Setelah itu, Allah berfirman pada Pena tersebut “Tuliskan!” kemudian Pena itu mengatakan “apa yang harus aku tulis ya Rabb?”, Allah pun memerintahkan pena itu untuk menuliskan takdir hingga tiba hari akhir.

6. Tulang Ekor

Selain itu, meskipun tiupan sangkakala itu dapat menghancurkan manusia, tapi ternyata sangkakala
tidak bisa menghancurkan tulang ekor manusia. Rasulullah Saw bersabda yang artinya,

"Tiada bagian dari tubuh manusia kecuali akan hancur (dimakan tanah), kecuali satu tulang yaitu tulang ekor, darinya manusia dirakit kembali pada hari kiamat," (HR. Bukhari, No.4953).

7.Ruh

Dan yang terakhir adalah ruh. Ruh ini tidak akan hancur atau binasa saat sangkakala ditiupkan. Karena makhluk yang binasa di saat itu akan dicabut ruhnya dan meninggal dan kemudian ruh ini dikembalikan ke jasadnya di saat hari kebangkitan. Hal ini disepakati ulama bahwa ruh tidak akan hancur.
Dari penjelasan  diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat 7 hal ciptaan Allah yang tidak dapat dihancurkan saat kiamat tiba yaitu Surga  dan  Neraka,‘Arsy atau Singgasana Allah, Kursi Milik Allah, Lauh Mahfuzh, Qalam atau Pena, Tulang Ekor, dan  juga ruh.Juga dijelaskan pada Al-quran bahwa  akhir zaman itu pasti terjadi  dan tidak ada yang tau kapan terjadinya termasuk para nabi Allah. Demikian  artikel ini kami sampaikan semoga bermanfaat, Terimakasih.
Top