5 Kebiasaan Tak Sehat ini, Dilakukan Banyak Orang Saat Ramadhan

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 28 May 2017
5 Kebiasaan Tak Sehat ini, Dilakukan Banyak Orang Saat Ramadhan
maggo.co.id

Bulan Ramadhan, identik dengan ibadah puasa wajib bagi setiap muslim yang mampu. Ibadah ini bukan hanya dapatkan ganjaran pahala yang berlipat-lipat dari Allah, namun puasa juga akan memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Puasa akan menghindarkan tubuh dari masuknya racun atau zat berbahaya lain yang tidak diperlukan tubuh. Puasa juga bisa menghindarkanmu dari diabetes atau kolesterol tinggi.

Dilansir boldsky.com dikutip dari merdeka.com, ternyata ada beberapa kebiasaan tidak sehat yang sering dilakukan banyak orang tanpa mereka sadari. Apa saja kebiasaan buruk tersebut?

1. Minum terlalu banyak air saat sahur

5 Kebiasaan Tak Sehat ini, Dilakukan Banyak Orang Saat Ramadhan

Air sangat diperlukan tubuh untuk menjaganya agar selalu terhidrasi dengan baik. Namun saat puasa, kamu pun tidak boleh minum air. Hasilnya, kamu pun memenuhi kebutuhan air minum ketika sahur.

Well, tahukah kamu bahwa hal tersebut tidak baik untuk kesehatan? Sebab kamu malah akan sering kencing ketika sahur sebab di jam setelah sahur adalah jam alami tubuh mengeluarkan kotoran. Hal inilah yang malah akan membuatmu jadi dehidrasi saat puasa. Sebagai gantinya, atur waktu untuk minum saat kamu berbuka hingga sahur. Usahakan untuk minum 8 gelas di jam tersebut.

2. Olahraga setelah berbuka

Karena puasa, maka jam untuk olahraga jadi mundur. Kamu pun berkeputusan untuk melakukan olahraga setelah buka.

Well, sebaiknya urungkan niat tersebut. Kamu boleh saja berolahraga namun lakukan 2 jam setelah kamu berbuka, ya. Berikan waktu sejenak bagi tubuh untuk mencerna makanan yang kamu konsumsi agar perut tetap terasa nyaman ketika olahraga.

Baca Juga: Gadis ini Diputus Pacarnya Setelah Hapus Make Up. Lihat Wajah Aslinya Jadi Kasihan...

3. Mengunyah makanan dengan tergesa-gesa

5 Kebiasaan Tak Sehat ini, Dilakukan Banyak Orang Saat Ramadhan

Karena lapar setelah berpuasa seharian, maka kamu pun makan tergesa-gesa ketika berbuka. Hal ini akan memberikan dampak buruk untuk kesehatan pencernaan. Oleh karena itu kunyahlah makanan secara perlahan.

4. Terlalu banyak konsumsi makanan manis saat berbuka

Konsumsi makanan manis saat berbuka memang penting untuk mengembalikan energi tubuh yang sempat hilang. Namun jangan mengonsumsinya terlalu banyak, ya. Batasi konsumsi makanan manis agar tidak terjadi lonjakan gula darah yang terlalu tiba-tiba dan akhirnya malah akan membuatmu mengantuk.

5. Konsumsi makanan tinggi garam saat sahur

Saat sahur, perhatikan dengan baik makanan yang akan kamu konsumsi. Kurangi makanan tinggi garam sebab malah akan memicu rasa haus ketika puasa.

Perbanyaklah makan pisang karena mengandung potasium yang bisa mengendalikan rasa haus saat puasa.

Jadi, apakah kamu merasa bahwa kamu sering melakukan kesalahan atau kebiasaan tidak sehat di atas selama puasa? Jika ya, maka hentikanlah agar puasamu berjalan dengan lancar.
SHARE ARTIKEL