4 Janji Allah Bagi Mereka yang Menikah

Komentar

fimadani.com

Menikah merupakan sunnah Rasulullah SAW, bahkan Rasulullah SAW memberikan ancaman bahwa mereka yang tidak mau menikah bukanlah termasuk golongan umatnya.

Apabila seorang muslim baik lelaki atau wanita hendak menikah, biasanya akan timbul berbagai perasaan dalam dirinya, entah itu rasa gundah, resah, risau, bimbang, termasuk juga tidak sabar menunggu datangnya sang pendamping hidup. Bahkan ketika dalam proses ta'aruf sekalipun, masih banyak yang ditimpa keraguan.

Padahal, Allah Swt telah menjanjikan kabar gembira kepada mereka yang hendak melangsungkan niat suci perkawinan ini. Apa saja janji Allah kepada mereka yang hendak menikah? Berikut ulasannya:

1. Dijanjikan Ampunan dan Rizki yang mulia.

Allah Swt berfirman:

الْخَبِيثَاتُ لِلْخَبِيثِينَ وَالْخَبِيثُونَ لِلْخَبِيثَاتِ وَالطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِينَ وَالطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَاتِ أُولَئِكَ مُبَرَّءُونَ مِمَّا يَقُولُونَ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ

“Wanita-wanita yang tidak baik untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki yang tidak baik adalah untuk wanita yang tidak baik pula. Wanita yang baik untuk lelaki yang baik dan lelaki yang baik untuk wanita yang baik. Mereka itu lah orang-orang yang bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezki yang mulia (surga)”. (An Nuur :
26)

Ayat ini juga menegaskan bahwa bila seseorang ingin mendapatkan jodoh yang baik, maka hendaklah ia memperbaiki dirinya terlebih dahulu.

Baca Juga: Jangan Remehkan Sekecil Apapun Usaha Istri untuk Membahagiakanmu

2. Diberikan kekayaan dunia

Allah Swt berfirman:

وَأَنْكِحُوا الْأَيَامَى مِنْكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

“Dan kawinkanlah orang-orang yang sedirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha mengetahui”. (An Nuur: 32)

Banyak orang yang ragu-ragu dan merasa bingung serta bimbang untuk menikah. Salah satu sebabnya adalah karena belum mempunyai pekerjaan. Bahkan yang telah mempunyai pekerjaan pun

tetap ada perasaan bimbang, mereka tetap ragu gajinya nanti tidak mencukupi untuk hidup. Dalam fikiran mereka terbesit tanya: apakah gaji ini cukup untuk berkeluarga dengan gaji sekian?”.

Ayat di atas merupakan jawaban buat mereka yang ragu untuk melangkah ke jenjang pernikahan karena alasan ekonomi. Yang perlu ditekankan kepada para pemuda dalam masalah ini adalah, bahwa yang terpenting adalah mereka mau terus berusaha memberi nafkah, dan terus bekerja mencari penghidupan keluarga.

Allah akan menolong mereka yang menikah. Allah Maha Adil, apabila tanggungjawab para pemuda bertambah – dengan kewajiban memberi nafkah kepada isteri dan anak-­anaknya, maka Allah akan memberikan rezeki yang lebih. Tidakkah kita lihat kenyataannya di masyarakat, banyak mereka yang semula miskin tidak mempunyai apa-­apa ketika akan menikah? kemudian Allah memberinya rezeki yang berlimpah dan mencukupkan keperluannya?

3. Mendapat Pertolongan Allah

Rasulullah Saw bersabda:

ثَلَاثٌ كُلُّهُمْ حَقٌّ عَلَى اللهِ عَوْنُهُ: الْمُجَاهِدُ فِي سَبِيلِ اللهِ، وَالنَّاكِحُ الْمُسْتَعْفِفُ، وَالْمُكَاتَبُ يُرِيدُ الْأَدَاءَ

“Ada tiga golongan manusia yang berhak Allah mendapat pertolongan Allah Swt, yaitu seorang mujahid fi sabilillah, seorang hamba yang menebus dirinya supaya merdeka dan seorang yang menikah karena ingin memelihara kehormatannya”. (HR. Ahmad 2: 251, Nasa'i, Tirmidzi, Ibnu Majah hadits no. 2518, dan Hakim 2: 160)

Baca Juga: Wanita Tangguh Mungkin Bisa Lelah dan Menangis, Tapi Tak Pernah Berhenti untuk Menata Masa Depan

Artinya, bagi siapa sahaja yang hendak menikah dengan niat menjaga kesucian dirinya, maka berhak mendapatkan pertolongan dari Allah berdasarkan penegasan Rasulullah dalam hadits ini. Dan pertolongan Allah itu pasti datang.

4. Kebahagiaan dan Kasih Sayang

Allah Swt berfirman:

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir”. (Ar Ruum : 21)

Sebenarnya masih banyak janji dan kabar gembira lainnya dari Allah Swt maupun rasul-Nya bagi mereka yang hendak menikah. Namun kiranya 5 hal di atas sudah cukup untuk menjadi penyemangat bagi setiap mukmin untuk melangsungkan pernikahan.

Semoga Allah Swt membantu dan meringankan jalan setiap mukmin yang hendak menikah, diberikan jodoh yang baik  serta anak keturunan yang sholeh dan sholehah. Amin ya Rabbal Alamin.
Top