Yusuf Korban Perayaan Ulang Tahun NGAWUR, Butuh Biaya Rp 50 Juta untuk Cangkok Matanya


M Yusuf Permana via Facebook

M Yusuf Permana (16) mengalami kerusakan mata. Dia dikerjai teman-temannya saat merayakan ulang tahun awal Januari lalu. Telur busuk diceplokkan ke kepalanya, dan ternyata cairannya masuk ke mata.

Saat itu, Yusuf yang duduk di Kelas XII di SMA As Sholeh di Citereup, Bogor merasa perih di matanya. Keluarganya kemudian membawa Yusuf ke bidan, obat diberikan tetapi tidak mengurangi sakitnya.

Obat dari jampi-jampi orang pintar juga dikonsumsi tetapi tetap belum manjur. Hingga akhirnya dia pergi ke RSUD Cibinong dan didapat informasi matanya rusak. Yusuf kemudian dirujuk ke RS Bunda Jakarta, di rumah sakit ini dia mendapat pengobatan.  

Baca Juga: Ulang Tahun Dilempari Telur, Seketika Mata Yusuf (16) Mendadak Tak Bisa Melihat

Yusuf adalah anak yatim piatu. Sejak umur lima tahun, ayah ibunya meninggal. Anak ke-4 dari lima bersaudara ini diasuh neneknya. Mereka tinggal bersama Asih dan Juli, yang juga paman dan bibi Yusuf.

Ulang tahun berujung duka
Sehari-hari, Asih berdagang sayur di rumahnya. Sayur itu dibeli di Pasar Induk Kramatjati. Uang dari berjualan sayur ini digunakan untuk kehidupan sehari-hari keluarga ini. Termasuk uang untuk berobat yang sudah habis Rp 7 juta.

"Ada sumbangan dari masjid di sini Rp 800 ribu, mungkin karena anak yatim ya, jadi kasihan," beber Asih, bibi dari Yusuf yang ditemui di rumahnya di Babakan Madang, Bogor, Sabtu (8/4), lansir kumparan.com.

Tapi uang yang dibutuhkan untuk biaya pengobatan tidak sedikit. Saat konsultasi ke dokter di rumah sakit dibutuhkan biaya Rp 50 juta.

"Untuk cangkok mata, biar bisa melihat lagi mata kirinya," sambung Juli (49) paman Yusuf.

"Bisa dicangkok kalau ada biaya. Kita lihat saja dari mana (biayanya). Sekarang saja obat-obatan enggak bisa pakai BPJS, semua beli sendiri ada obat tetes sama obat minum," sambung Juli.

Asih sang bibi masih berpikir dari mana uang sebanyak itu. Untuk biaya berobat rutin saja sulit.

"Semoga saja ada keajaiban, anak yatim ini kasihan," tutup Asih.

Sang kakak miris melihat kondisi Yusuf hingga curhat di Facebook,


Facebook bogor Channel, Jumat (7/4).

"Aku ingin mataku dapat melihat kembali..."
Kira2 itulah ungkapan yg diutarakan oleh adik sy pada saat keluar dari ruang dokter spesialis mata.

M.Yusuf , ya itulah namanya. Seorang anak remaja laki2 kelas 2 SMA yg sekarang sedang merasa amat sangat terpuruk karena harus menerima kenyataan untuk kehilangan salah satu penglihatannya.

Semua berawal pada 1 bulan yg lalu, tepat dihari ulang tahunnya ia terkena musibah yg diakibatkan dari sebuah keisengan teman2nya. Pada saat itu teman2nya menyeplokan telur busuk ke adik sy tapi sayangnya telur itu mengenai mata adik sy, hingga berakibat Matanya iritasi dan membuat mata hitamnya tertutup selaput2 putih. Bukan hanya itu, bahkan matanya pun sudah tidak dapat melihat lg. Saya tidak bisa bayangkan bagaimana perasaan dya, harus menghadapi ujian seperti ini di usianya yg masih terlalu muda.

Sejak kecil dya sudah tidak dapat merasakan kasih sayang dari orang tuanya dan harus tinggal bersama neneknya.
Sekarang dya harus menghadapi kenyataan untuk menerima salah satu penglihatannya yg hilang, Lalu bagaimana dengan masa depannya??

Haruskah dya kehilangan masa depannya hanya karena sebutir telur busuk?

Tidak pantaskah dya memiliki masa depan & kehidupan yg jauh lebih baik?

Lihat foto itu, seperti itulah dya saat ini. Dimanapun hanya bs menunduk, tak ada lg senyum & tawa dr Wajahnya. Yg terlihat hanya kesedihan & kekhawatiran.

Sebagai seorang kakak, sy hanya bs berusaha & berdo'a, serta memberikan semangat agar dya tetap tegar untuk menerima semuanya Walaupun sebenarnya sy pun tau bahwa ini sangat sulit diterima.

Semoga setelah ini tidak ada lagi Kejadian2 konyol yg dapat merugikan seseorang, jangan sampai gara2 keisengan kita menghancurkan masa depan orang lain. #stopkeisengan #stopceplok2an #pikirdulusebelumbertindak."

Postingan ini mampu menyedot perhatian netizen. Banyak yang merasa geram dengan aksi iseng remaja saat perayaan ulang tahun. Banyak netizen mengecam aksi yang dinilai tak ada esensinya.

"Yallaah miriss bgt bacanya:( smga anak inii bisa smbuh kembaliii dan bisa melihat kembaliii amiin? Yallah?," kata akun Mhmad Bidy Nugraha.

Sementara itu, ucapan semangat dan doa juga mengalir dari netizen. Seperti komentar dari akun bernama Frist Karina Widiastuti. Ia menuliskan, "Semoga si adek diberikan kesabaran melewati ujian sakit di penglihatannya dan Alloh akan menggantinya dengan kebahagiaan. Semoga menjadi hikmah juga buat yg lain.....jangan keterlaluan bercanda...."

"Sabar ya dek semangat ya semoga Allah slalu memberikan yg terbaik untuk kebahagiaan adek kedepannya,jgn menyerah ya smoga slu dberikan jalan utk mewujudkan sgala cita2 adek,aamiin," komentar dan doa dari Maharany Yazid.

Bahkan netizen dengan akun Hendi Hidayatulloh sampai ingin menemui remaja tersebut. "Bolehkah saya bertemu adik tersebut? Karna saya juga mengalami hal yang sama pada saat smp. Sekarang usia saya 32 tahun. Betapa saya sangat mengerti dg dg keadaan mental dan jiwanya, dimana saat remaja adalah saat masa pertumbuhan mental(puber) Saat dimana masih labil belum dewasa belum matang kemudian harus di hadapkan dengan hal berat," tulisnya dalam komentar.
Top