Untuk Para Suami, 7 Cara Ini Wajib Dilakukan Jika Istrimu Hobi Menghabiskan Uang



Istri idealnya punya peranan mengelola keuangan keluarga alias jadi menteri keuangan rumah tangga. Bisa dibayangkan kalau istri punya sifat boros.

Jangan galau dulu dong, coba simak 7 cara untuk menyikapi istri yang punya sifat boros.

1. Bicarakan Permasalahan


Langkah pertama yang sangat penting adalah membicarakan permasalahan yang terjadi. Terkadang istri mungkin gak sadar bahwa kebiasaan borosnya adalah sifat yang buruk dan merugikan.

2. Tinjau Ulang Tagihan Bulan Lalu

Menunjukkan tagihan bulan lalu adalah cara yang efektif untuk memberi tahu istri bahwa kebiasaannya sangat membebani. Terkadang wanita gak menyadari berapa banyak uang yang sudah ia keluarkan untuk berbelanja.

3. Buat Perencanaan Keuangan

Membuat perencanaan keuangan jangka panjang adalah cara yang sangat efektif untuk mengubah mindset seseorang. Mungkin saat ini istri merasa dapat menghambur-hamburkan uang karena gak menyadari betapa besar kebutuhan yang harus dipenuhi di masa depan.

4. Perbanyak Frekuensi Pemberian Uang

Jika istri biasa menerima uang bulanan dan menghabiskannya dengan gak bijaksana, coba membagi anggaran tersebut dalam periode mingguan. Istri akan merasa memiliki banyak uang di awal bulan karena anggaran yang ada di tangan adalah untuk satu bulan. Padahal uang yang banyak tersebut seharusnya digunakan untuk kebutuhan satu bulan.

5. Buat Komitmen dengan Istri

Setelah membuat perencanaan keuangan dan menjelaskan di mana letak kesalahan istri, buatlah komitmen bersama untuk memenuhi kebutuhan keuangan. Tanamkan komitmen untuk mementingkan kepentingan bersama, bukan hanya kepentingan pribadi.

6. Tetapkan Hukuman

Setelah berkomitmen tetapkanlah hukuman yang akan diterapkan jika istri melanggar komitmen yang sudah disetujui. Jika istri melakukan kesalahan satu kali lagi maka tetapkan hukuman yang gak terlalu berat, jika terulang lagi berikan hukuman yang lebih berat.

7. Ajarkan Berinvestasi

Jangan lupa untuk mengajarkan istri cara berinvestasi. Buatlah berinvestasi menjadi kebiasaan istri. Ingatkan bahwa investasi gak harus selalu bermodal besar. Jika istri memiliki uang lebih walaupun hanya sedikit segeralah dorong untuk berinvestasi.

SEMUA TENTANG WANITA:

1. Waspadai Modus Baru Kejahatan Seksual Ibu Hamil Jangan Sembarangan Posting Foto di Sosmed

2. 7 Sifat Kehebatan Istri yang Membuat Suami Sukses Dunia dan Akhirat

Jangan sampai uang tersebut hanya habis untuk hal-hal yang percuma. Tanpa disadari kebiasaan menghabiskan uang ‘sisa’ seperti itu akan memupuk kebiasaan boros. Pada awalnya memang hanya sedikit uang yang bisa dibelanjakan, tapi karena sering akan menjadi kebiasaan.
Top