Tak Banyak yang Tahu, Inilah yang Selalu Rasulullah Lakukan Saat Bangun Tidur

Rasulullah SAW, merupakan sosok teladan bagi seluruh umat di bumi ini. Apapun yang beliau lakukan merupakan ibadah, walaupun ibadah itu sangatlah sederhana. Hal inilah yang biasa disebut dengan sunnah Rasul, atau kegiatan baik yang dilakukan Rasulullah SAW meski tidak dicantumkan dalam Al-Quran.

Ilustrasi Rumah Rasulullah
BACA JUGA: Pacaran Sama Taarufan, Apa Sih Beda Keduanya?

Bicara soal Sunnah Rasul, ternyata Rasulullah SAW memiliki kebiasaan tersendiri saat beliau bangun dari tidurnya. Seperti 3 kegiatan ini.

1. Duduk dan Mengusap Bekas Tidur di Wajah

Hal yang dilakukan pertamakali oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam ketika bangun tidur adalah beliau duduk kemudian mengusap bekas tidurnya. Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhu menceritakan, bahwa beliau pernah menginap di rumah bibinya, Maimunah Radhiyallahu ‘anha, saah satu istri Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kata Ibnu Abbas,

Kemudian ketika sudah masuk pertengahan malam, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bangun, kemudian beliau duduk, lalu mengusap bekas kantuk yang ada di wajahnya dengan tangannya. (HR. Ahmad 2201, Bukhari 183, Nasai 1631, dan yang lainnya).

2. Membaca Doa

Setelah duduk dan membersihkan bekas tidurnya kemudian Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam membaca doa. Adapun doa yang di baca adalah sebagai berikut:

الحَمْدُ ِللهِ الَّذِي أَحْيَاناَ بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَ إِلَيْهِ النُّشُوْرُ

“Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah Dia mematikan kami, dan hanya kepada-Nya kami akan dibangkitkan.”

3. Membaca 10 Ayat terakhir Surat Ali-Imran

Setelah membaca doa bangun tidur Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam membaca sepuluh ayat terakhir surat Ali-Imran. Ibnu Abbas menceritakan pengalaman beliau ketika menginap di rumah bibinya Maimunah,

Beliau duduk, lalu mengusap bekas kantuk yang ada di wajahnya dengan tangannya, kemudian beliau membaca 10 ayat terakhir surat Ali Imran. [HR. Ahmad 2201, Bukhari 183, Nasai 1631, dan yang lainnya].

Itulah beberapa sunnah Nabi ketika bangun dari tidur yang patut untuk kita teladani.
Top