Sungguh Arah yang Tak Terduga, dari Sinilah Setan Tak Bisa Menyesatkan Manusia!


Dalam sebuah ulasan mengenai ayat berikut ini.

ثم لآتينهم من بين أيديهم ومن خلفهم وعن أيمانهم وعن شمائلهم (سورة : الأعراف آية رقم : 17)

"kemudian aku (iblis) akan mendatangi (menggoda) mereka dari depan dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka." (Al-A'raf : 17)

Kenapa iblis hanya akan menggoda manusia dari 4 "arah" ini, bagaimana dengan atas dan bawah?

Baca juga : Karena Perjalanan Nabi Saat Melihat Neraka, Bagaimana Mungkin Kita Masih Berleha-leha?

Setan merupakan makhluk ciptaan Allah yang selalu menggoda manusia agar berbuat dosa dan ternyata hanya dari arah ini, setan tak kuasa menggoda kita. Setan telah berjanji untuk terus menyesatkan manusia dengan berbagai cara agar setiap manusia berpaling dari Allah SWT sehingga menjadi teman mereka di neraka kelak. Setan akan menggoda manusia dari berbagai arah tetapi hanya ada satu arah yang tidak dapat ditembus oleh setan. Arah manakah itu?

Yaitu arah Atas, Hanya Dari Arah Ini, Setan Tak Kuasa Menggoda Kita


Dalam QS. Al-A’raf telah dituliskan bahwa setan akan terus menyesatkan dan menggoda manusia agar berpaling dari Allah dan banyak melakukan dosa, selain itu mereka juga akan selalu menghalangi manusia untuk beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Setan tidak henti-hentinya menggoda manusia dengan berbagai cara, mereka mengerahkan segala kemampuan dan menggunakan banyak tipu daya untuk menyesatkan umat manusia sehingga manusia harus selalu waspada dan berlindung kepada Allah agar terlindungi dari godaan setan terhadap manusia yang sangat menyesatkan.

Selain itu dalam QS. Al-A’raf ayat 17 juga telah dijelaskan bahwa setan akan menggoda manusia dari segala arah yaitu dari arah depan, belakang, kanan, dan kiri. Setan akan mengerahkan semua bala tentaranya untuk menggelincirkan semua manusia untuk berpaling dari Allah SWT. Apa maksud dari godaan setan dari segala arah yaitu arah depan, belakang, kanan, dan kiri?

Menurut Syeikh Ibnu Muflih, setan akan menggoda manusia dari arah depan yaitu arah akhirat. Manusia akan diperdaya oleh bisikan setan bahwa alam akhirat yang banyak digambarkan dalam Al-Qur’an dan hadist hanyalah rekayasa saja dan tidak ada kebenarannya.

Setan akan membisikkan kedalam pikiran dan hati manusia bahwa neraka, surga, dan hisab tidak pernah ada, semua itu hanyalah bualan semata sehingga manusia tidak perlu takut akan berbuat hal-hal yang menyimpang dari jalan Allah SWT. Dengan adanya bisikan ini banyak manusia yang ragu akan adanya hari pembalasan setiap amal manusia di akhirat kelak.

Setan juga akan menggoda manusia dari arah belakang yang artinya adalah setan akan membuat manusia menjadi khawatir akan masalah duniawi sehingga mereka akan mendustakan akan semua kebesaran Allah SWT.

Manusia yang terbujuk dengan bisikan setan ini maka akan mengutamakan kehidupan duniawi dan mengesampingkan keimanannya kepada Allah SWT bahkan jika hal ini terus berlanjut maka mereka dapat berpaling dan tidak meyakini akan adanya Allah SWT. Manusia akan berpikir bahwa mereka akan memiliki kehidupan abadi di dunia sehingga mereka menimbun banyak harta dengan cara apapun.

Selain kedua arah itu, godaan syetan juga dari arah kiri dan kanan. Dari arah kiri setan akan membisikkan dan menggoda manusia agar selalu berbuat dosa dan maksiat tanpa merasa bersalah bahkan menjadi kebiasaan yang tidak sapat ditinggalkan.

Sedangkan dari arah kanan, setan akan mengaburkan kebenaran sehingga manusia akan melihat kebenaran dengan samar-samar dan kabur sehingga manusia dapat terjerumus dalam dosa.

Itulah ke-4 arah yang dapat dijelajahi setan untuk menggoda dan menyesatkan manusia, namun ada satu arah yang tidak dapat ditembus oleh setan yaitu arah atas.

Menurut Imam Qatadah setan tidak mampu menggoda manusia dari arah atas karena arah ini merupakan rahmad dari Allah SWT dan setan tidak bisa menggangu dari atas karena Allah SWT berada di atas semua makhluk ciptaan-Nya.


Baca juga : Seperti Tak Terlihat, Ternyata Hal Ini yang Buat Jodoh Malas Mendekat!

Bagaimana dengan arah bawah?


Dalam beberapa tafsir dijelaskan bahwa Iblis tidak mampu/tidak bisa menggoda manusia dari 'arah' atas dan bawah, karena ATAS tempat turunnya rahmat Allah, sedangkan BAWAH adalah tempat Sujud hambanya kepada Allah SWT, berikut kutipannya:

وقال الإمام النسفي 2/6 : ولم يقل من فوقهم ومن تحتهم لمكان الرحمة والسجدة .

An-Nasafi berkata 2/6 : dan tidak dikatakan "dari atas dan dari bawah mereka", karena (atas) tempatnya rahmat, dan (bawah) tempatnya sujud.

Kunci utama yang mesti kita pegang teguh adalah dengan membuka pintu dari atas selebar-lebarnya, sebab dari sanalah setan tak mungkin memasuki diri kita. Artinya, jika kita berpegang teguh dan istiqomah, di jalan Allah, maka setan takan sekalipun mengganggu kita. Ingatlah pada Allah di saat kita duduk, berdiri, berjalan, bahkan terbaring.
Top