Sudah Jaminan Surga Bagi Istri yang Patuh Pada Suami 7 Peran Ini Dapat Memudahkan Istri Mendapatkanya

Komentar


Menjadi musimah salihah adalah cita-cita setiap muslimah.  Bahkan Rasulullah SAW  telah menyebutkan “Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah perempuan shalihah”.

Maka upaya untuk makin salihah senantiasa harus diupayakan oleh setiap muslimah, termasuk yang sudah berstatus istri. Memang tidak semudah membalikkan telapak tangan.  Kadang memerlukan proses yang panjang dan penuh perjuangan.  Namun kerinduan akan mendapatkan ridha Allah melalui ridha suami memberikan semangat yang tiada henti untuk berproses menjadi makin shalihah.

Bantuan dan dukungan seorang suami tidak hanya penting, namun sangat  dibutuhkan oleh istri.  hal ini yang kadang lepas dari perhatian suami.  Bahkan ada suami yang tidak menyadari perannya, dan hanya menuntut istri agar makin salihah.  Apalagi ketika komunikasi suami istri masih menghadapi beberapa kendala, sehingga belum terbangun komunikasi efektif  dan positif.

Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan suami untuk membantu istri menjadi makin shalihah:

1. Bicara yang baik

Suami hendaknya berbicara yang lembut dan selalu memilih kata-kata yang membuat istri nyaman, meski saat kesal  atau marah,  Hindari kata-kata kasar dan keji.  Teguran lembut suami sudah akan membuat istri menyadari kesalahannya.

2. Peduli , empati dan hargai jerih payah istri

Istri juga manusia, yang memiliki rasa lelah.  Maka bantulah istri tanpa diminta, bahkan dalam situasi istri dapat menyelesaikan semua pekerjaannya.  Apalagi hal ini juga dicontohkan oleh Rasulullah SAW.  Jangan sekali-kali menganggap istri tidak melakukan apapun saat istri berada di rumah, apalagi bila masih memiliki bayi dan balita.

Tidak ada seorang istri yang tega membiarkan rumah berantakan, tidak ada makanan yang siap disantap, atau baju kotor menumpuk .  Istri salihah menyadari benar tugasnya, namun kadang ada situasi  yang membuat pekerjaan rumah tidak terselesaikan dengan tuntas dan rapi saat suami pulang ke rumah.

3. Perlakukan istri  sebagai  seorang perempuan

Pahami sifat seorang perempuan yang berbeda dengan laki-laki.  Maka perhatikan penampilan istri, dan tanpa diminta sediakan hal-hal yang dibutuhkan seorang istri sebagai seorang perempuan, seperti pakaian dan perhiasan.

Fasilitasilah istri untuk memenuhi apa yang diinginkan suami agar saat dipandang menyenangkan suami. Hendaknya suami tidak pelit kepada istri.  Jika mampu, berikanlah “uang saku khusus untuk istri”, yang dapat dibelanjakan tanpaharus ijin kepada suami. Istri shalihah tidak akan menuntut suami diluar kesanggupannya, dan akan membelanjakan ‘uang khususnya’ sesuai dengan tuntunan syariah.

SEMUA TENTANG ISLAMI:

1. Pertanyaan " Yesus Sebagai Anak Tuhan" Jawaban Dr Zakir Naik Ini Membuat Pemuda Tampan Ini Masuk Islam

2. Jangan Takut Miskin Karena Suka Mentraktir Orang, Ini Rahasia dan Manfaatnya

4. Didiklah istri

Ingatlah, mendidik istri adalah kewajiban suami. Maka ingatkan istri  untuk selalu terikat dengan aturan Allah dan RasulNya. Ijinkan istri untuk menghadiri masjlis ilmu, dan fasilitasilah.  Suami hendaknya juga  berbagi ilmu yang dirasa perlu dan bermanfaat untuk istri.  Jadikan istri  sebagai teman yang akan mendapat “share” sesuatu yang bermanfaat.

5. Luangkan waktu untuk berduaan

Sediakan waktu khusus untuk berdua.  Jadikan kesempatan untuk berbincang tentang masing-masing, tentang anak-anak dan keluarga, juga untuk saling introspeksi dan membangun komitmen bersama untuk meraih ridha Allah.


6. Berproses Makin Saleh

Tidak ada manusia yang sempurna. Suami hendaknya menyadari, bahwa Allah meletakkan tanggung jawab keluarga ada pada dirinya.  Bahkan Allah memerintahkan suami untuk menjaga diri dan keluarganya dari siksa api neraka. Maka suami juga harus berproses menjadi suami yang makin shaleh, yang menjadi imam bagi orang yang bertakwa. Nabi bersabda “Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik kepada keluarganya”.  Suami yang baik akan mudah menjadikan istri dan juga anak-anaknya menjadi orang baik, tentu saja baik dalam timbangan Islam.

7. Menganjurkannya Bangun Malam Untuk Shalat Tahajjud.

Orang yang melaksanakan shalat tahajud dengan penuh keikhlasan maka jaminan masuk surga. Telah jelas diriwayatkan pada sebuah hadits yaitu jaminan masuk surga bagi orang yang melaksanakan shalat tahajud.

Shalat tahjud merupakan shalat yang dilaksanakan pada waktu sepertiga malam ketika orang-orang sedang terlelap tidur, tetapi orang yang hendak melaksanakan shalat tahjud bangun serta mengambil air wudhu. Walau kelihatannya mudah tetapi berat dilaksanakan jika belum terbiasa maka Allah memberikan balasan syurga bagi yang melaksanakannya.

Yakinlah, bantuan suami akan membuat istri makin bersemangat berproses menjadi istri yang makin shalihah.  Alangkah indahnya jika suami dan istri saling berlomba untuk makin dekat dan taat kepada Allah.  Ini akan mempercepat terwujudnya keluarga sakinah mawadah warahmah, yang juga akan melahirkan keturunan yang shaleh dan shalihah.  Maka nikmat TuhanMu yang manakah yang kamu dustakan?  Ya Allah, kumpulkan kami dan keturunan kami di surgaMu kelak. Aamiin.
Top