Sering Malas Beribadah, Ternyata 2 Faktor Ini Tak DIisadari

Komentar
Manusia tidak luput dari kesalahan, dosa dan lalai. Termasuk juga lalai dalam hal beribadah kepada Allah SWT. Padahal hukumnya wajib, apalagi shalat.



MUSLIM WAJIB BACA: Potong Rambut dan Kuku Sebelum Mandi Junub Sering Dilakukan, Padahal Hukumnya...

Namun, ada kalanya seseorang malas untuk tunaikan ibadah. Banyak sekali faktor yang mempengaruhinya, terutama 2 penyebab ini. Seperti yang dikutip dari satumedia.

1. Maksiat

“Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri.” (QS. Asy-Syura: 30).



Maksiat adalah suatu hal yang bisa saja tidak kita sadari. Ada kalanya kita menggunakan telinga untuk mendengar yang tidak seharusnya. Seringkali mata kita melihat hal yang tidak patut untuk dipandang. Dan tentulah pernah kaki kita melangkah pada jalan yang tidak benar.

Tak hanya itu, maksiat juga dapat disebabkan oleh pikiran dan hati yang kotor. Sehingga semuanya akan bermuara pada perasaan gelisah dan malas untuk beribadah.

2. Makanan Haram

“Dan makanannya dari barang yang haram, minumannya dari yang haram, pakaiannya dari yang haram, dan diberi makan dengan makanan yang haram. Maka bagaimanakah Allah mengabulkan doanya?” (HR. Muslim).



Makanan adalah sumber energi bagi tubuh manusia. Jika asupan energi yang kita makan adalah makanan haram, maka akan rusaklah seluruhnya. Tak heran makanan haram sangat mempengaruhi hadirnya kemalasan ibadah yang membelenggu hati manusia.

Semoga dengan ini kita bisa lebih semangat beribadah dan menghindari 2 faktor diatas. Dengan selalu mengingat Allah SWt, Insya Allah hidup kita akan selalu dilindungi oleh-Nya.
Top