Seberapa Mampu Engkau Meminta? Jangan Berpuas Diri dan Teruslah Berharap!

Penulis Unknown | Ditayangkan 21 Apr 2017
Seberapa Mampu Engkau Meminta? Jangan Berpuas Diri dan Teruslah Berharap!

Kepada siapa? Itulah mungkin pertanyaan pertama yang akan terngiang ketika diminta untuk terus meminta dan berharap apapun yang diinginkan. Sudah sangat terlihat jelas sekali, bahwa opsi pertama dan satu-satunya untuk setiap manusia meminta adalah hanya kepada-Nya, yaitu kepada Allah SWT.

Allah SWT suka dengan hamba-Nya yang banyak meminta. Supaya tetap terhubung dengan Allah, maka jadilah orang-orang yang senantiasa butuh sama Allah. Salah satu caranya adalah dengan banyak meminta kepada Allah. Dikabulkan yang satu, minta lagi yang lain. Terus begitu. Enggak apa-apa.

Artilek pilihan : Jangan Telat Apalagi Tak Tahu, Di Waktu Inilah Kamu Sebaiknya Berdoa!

Kembali lagi dengan kalimat di awal, supaya tetap terhubung dengan Allah, maka jadilah orang-orang yang senantiasa butuh sama Allah. Salah satu caranya adalah dengan banyak meminta kepada Allah. Dikabulkan yang satu, minta lagi yang lain. Terus begitu. Enggak apa-apa.

Luqman Hakim teringat proses kelahiran si Wirda. Boleh dibilang, pagi, siang, malam, ia dan istrinya berdo’a semoga anaknya ini lahir dengan selamat.

Alhamdulillah, lahirlah anaknya dengan selamat. Bayi putri yang sehat, normal, dan cantik.

Berhentikah ia dan istrinya berdo’a?

Iya, mestinya Luqman Hakim dan istrinya berhenti berdo’a jika mereka berdua memuaskan dirinya hanya sampai tahap itu saja. Tapi mereka berdua tidak mau berhenti sampe di situ saja. Istrinya Luqman memberitahu suaminya, mengingatkan. “Pah, kita belom aman loh? Wirda memang sudah lahir selamat, tapi kan belum tahu apakah telinganya bisa mendengar, matanya bisa melihat, kaki dan tangannya bisa digerakkan normal, mulutnya bisa bicara? Artinya, belum aman. Makanya kita harus berdo’a, iya kan?

Luqman membenarkan. Mestinya seseorang yang merasa perlu sama Allah tidak menghentikan ibadahnya, tidak menghentikan do’anya, melainkan dia terus-menerus memelihara ibadahnya dan terus-menerus berdo’a.

Allah senang bila hamba-Nya mau meminta pada-Nya. Allah tidak akan pernah merasa keberatan dan tidak akan pernah merasa bosan bila ada hamba-Nya yang meminta dan meminta terus.

Seberapa Mampu Engkau Meminta? Jangan Berpuas Diri dan Teruslah Berharap!

Artilek pilihan : Bukankah Tak Boleh Menyerupai Pria, Lantas, Bolehkah Muslimah Mengenakan Celana Panjang?

Percayalah, kepada Allah mah jangan takut meminta, apalagi jika Anda punya amal yang hebat, Anda disayang sama Allah. Memintalah, maka Allah akan memenuhi apa yang kita minta.

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. al-Baqarah : 186)

Justru bila ada hamba-Nya yang tidak mau meminta, aneh. Tentu saja cakep buat dia apabila dia mau meminta ampunan Allah, mau meminta cinta dan kaih sayangnya Allah, mau minta ridha dan perlindungann-Nya, dan seterusnya. Pokoknya sama Allah mah minta…minta, dan minta, serta terus meminta. Yang tidak kalah pentingnya, bagaimana ketika permintaan bertambah, ibadah juga bertambah.

Jadi, masihkah kita malu-malu atau bahkan enggan untuk banyak meminta kepada Allah SWT? Sungguh kita semua hanyalah mahkluk yang bahkan tak berdaya jika dihadapkan pada kuasa-Nya. Maka dari itulah doa sebagai sumber kekuatan kitam agar selalu dekat dengan Allah SWT dan juga harapan yang menjadi isi dari doa kita.
SHARE ARTIKEL