Sakit, Sedih dan Kesusahan itu Allah Berikan untuk Menghapus Dosa Manusia

Komentar

liputan6.com

Hidup didunia ini sering sekali kita tertipu dengan 2 kenikmatan yang diberikan Allah. Apakah itu? Dua nikmat tersebut adalah nikmat sehat dan nikmat diberi kelonggaran waktu.

Saat orang diberikan dengan kesehatan dan banyak waktu luang tentunya akan senang. Namun saat manusia diberikan kesusahan betapa merasa menderitanya mereka.

Sebenarnya kita harus ingat, bahwa tidak selamanya hal-hal yang menyenangkan akan terus terjadi dalam kehidupan manusia. Sebab ada kalanya manusia harus merasakan hal-hal yang tidak menyenangkan dalam hidupnya sebagai pembelajaran.

Bahkan diantara hal-hal yang tidak menyenangkan tersebut, yang sengaja diberikan Allah SWT untuk menghapuskan dosa-dosa manusia. Oleh sebab itu kita harus bersabar dalam menghadapinya.

Dalam sebuah riwayat hadits disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah menimpa seorang muslim kelelahan, sakit, kekhawatiran, gangguan, kesedihan dan duka, sampai pun duri yang mengenai dirinya, kecuali Allah SWT akan menghapus dengannya dosa-dosanya.” (Muttafaqun Alaih)

Sehingga dari hadits riwayat ini bisa kita ketahui bahwa 5 kesusahan yang diberikan Allah SWT untuk menghapus dosa-dosa manusia di masa lampau adalah,

1. Kelelahan
Kesusahan pertama yang diberikan Allah SWT kepada manusia adalah merasa lelah. Terlebih lagi ketika seseorang telah bekerja sekian lama tanpa istirahat. Tentunya ia akan merasakan kelelahan yang teramat sangat. Bahkan kelelahannya tersebut membuat ia sulit untuk melakukan kegiatan lainnya.

Namun yakinlah, Allah SWT akan menghapuskan dosa-dosa di masa lampau apabila kita mampu bersabar menghadapi kelelahan yang melandanya. Bahkan setiap keringat yang dikeluarkan dalam hal-hal yang syar’i akan bernilai ibadah dimata Allah SWT.

2. Sakit
Kesusahan kedua yang diberikan Allah SWT kepada manusia adalah merasakan sakit. Hal ini merupakan hal yang lumrah terjadi dalam kehidupan. Tidak ada satu manusiapun yang tidak pernah merasakan sakit.

Bahkan rasa sakit yang Allah SWT berikan terasa begitu sangat menyiksakan. Sehingga apabila kita mampu bersabar dan tidak mengeluh atas penyakit tersebut, maka dosa-dosa yang kita lakukan akan digugurkan oleh Allah SWT.

Oleh sebab itu, ketiksa sakit maka bersabarlah sambil terus mencari penawarnya.

3. Kekhawatiran
Kesusahan selanjutnya yang diberikan Allah SWT adalah muncul rasa kekhawatiran. Kekhawatiran apabila tidak segera diatasi dengan baik, maka bisa berakibat fatal. Oleh sebab itu, serahkanlah segala urusan kepada Allah SWT.

Sebagai manusia kita hanya bisa berusaha dan berdoa, hasilnya biarlah Allah SWT yang akan menentukan. Dengan demikian, hati akan menjadi lebih tenang sebab apa yang Allah SWT berikan adalah yang terbaik bagi hamba-Nya.

4. Gangguan-gangguan
Kesusahan yang juga diberikan Allah SWT kepada manusia adalah munculnya gangguan-gangguan dalam kehidupan. Gangguan ini bisa datang dari berbagai sisi.

Bahkan disaat kita melakukan hal yang baik sekalipun, selalu ada saja gangguan yang akan menghalang-halangi. Sehingga apabila kita mampu bersabar dan yakin, maka hal tersebut bisa teratasi. Selain itu, dosa-dosa pun berguguran.

5. Kesedihan
Kesulitan terakhir yang Allah SWT berikan kepada manusia untuk menghapuskan dosa-dosanya adalah berupa kesulitan. Tidak ada seorang pun yang tidak pernah merasakan kesedihan. Namun segala kesedihan dan duka yang menimpa seorang manusia melainkan sebuah ujian dari Allah SWT.

Dalam hal ini kita hanya perlu menyikapinya dengan bijak dan penuh kesabaran. Dengan demikian, semoga segala dosa-dosa yang telah diperbuat akan dihapuskan oleh Allah SWT.

Demikianlah kesusahan yang sengaja diberikan Allah SWT untuk menghapuskan dosa-dosa manusia.

Meskipun bukanlah hal yang menyenangkan, namun kita harus bisa bersabar dalam menghadapinya. Sebab hal ini merupakan salah satu bentuk kasih sayang Allah SWT kepada hamba-Nya. Semoga bermanfaat.
Top