Rezeki Cuma Tentang Harta dan Tahta? Ternyata dalam Islam Lebih dari Itu!

Komentar

Ketika membahas tentang yang namanya rezeki, banyak orang yang beranggapan bahwa hal tersebut selalu berkaitan dengan uang ataupun kekayaan yang melimpah. Namun tak selamanya anggapan tersebut benar, tak juga selamanya salah. Uang dan kekayaan memang salah satu dari rezeki yang diberikan oleh Allah SWT, namun ada pula rezeki lain seperti halnya kasih sayang, rasa aman, hingga kesehatan pun bisa dikategorikan sebagai rezeki.

Tahukah bahwa ada beberapa hal yang ternyata membuat makna rezeki itu lebih dari sekedar limpahan rahmat dari Allah SWT?

Ulasan terkait : Jarang Diketahui, Al-Ma’tsurat, Dzikir Pagi dan Petang yang Sempurnakan Nikmat!

Sebenarnya Allah sudah memberikan bocoran cara mendapatkan rezeki yanng berlimpah dan menjemputnya untuk kita. Cara mendapatkan rezeki tersebut sudah dijelaskan dalam Al-Quran. Untuk itu, Allah menyuruh kita untuk selalu membaca dan mempelajari Al-Quran agar hidup kita bisa terjamin kesejahteraannya, karena disanalah sumber ilmu kehidupan kita. Berikut beberapa macam rezeki menurut islam.

1. Rezeki yang terjamin


Dan Tidak Ada satupun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya di jamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua ( tertulis ) dalam Kitab yang nyata ( Lauh Mahfuz )” (QS:Hud:6)

2. Rezeki berkat usaha


Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi (untuk mencari rezki dan usaha yang halal) dan carilah karunia Allah, dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung” (QS al-Jumu’ah:10)

3. Rezeki bersyukur


Dan (ingatlah) ketika Tuanmu memaklumkan "sesungguhnya jika kamu bersyukur, nisacaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) aka pasti azab-Ku sangat berat” (QS:Ibrahim:7)

4. Rezeki tak terduga


"...Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, maka Allah akan menunjukkan kepadanya jalan keluar dari kesusahan, dan diberikanNya rezeki dari jalan yang tidak disangka-sangka, dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah, nescaya Allah mencukupkan keperluannya."
(Surah At-Talaq ayat 2-3)

5. Rezeki sebab istighfar


Mohonlah ampunlah kepada Rabb kalian, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, nescaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat (melimpah ruah membawa kebaikan), dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai (yang penuh dengan kebaikan dan manfaat).” (Surah Nuh ayat 10 – 12)

6. Rezeki setelah menikah


"Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak dari hamba sahayamu baik laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, maka Allah akan memberikan kemapanan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas ( Pemberian-Nya), Maha Mengetahui"(QS. an-Nur : 32)


Ulasan terkait : Sungguh Tepat di Muka, Tak Tahukah Dirimu Setan Tengah Berada Disitu?

7. Rezeki anak


"Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan. Kamilah yang akan memberi rezeki kepada mereka dan juga kepadamu. Sesungguhnya membunuh mereka adalah suatu dosa yang besar" (QS. al-Isra 31)

8. Rezeki karena sedekah


Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.” (QS. Al Baqarah 245)
Top