Olahraga Ringan 5 Menit yang Bisa Memberi Manfaat Seluruh Persendiaan Manusia


wajibbaca.com

Tentunya kita ingin tubuh tetap bugar dan terus bisa beraktifitas, syukur-syukur kalau jarang sakit. Jadi beribadah semakin lancar. Kenapa tubuh ini perlu gerakan? Karena dengan bergerak tubuh ini mendapatkan energi. Seperti halnya olahraga yang cukup tubuh kita akan lebih bersemangat saat beraktifitas.

Bagaimana merutinkan olahraga agar tubuh selalu bersemangat. Karena tak melulu hanya asupan gizi, tubuh juga perlu sedekah berupa gerakan. Aktifitas kerja setiap hari membuat kita mengesampingkan olahraga yang cukup menyita waktu.

Dalam islam saja dibahas, bahwa tubuh perlu sedekah gerakan.

“Sesungguhnya setiap manusia keturunan Adam diciptakan memiliki 360 persendian,” (HR. Muslim no. 2377)

“Setiap persendian manusia diwajibkan untuk bersedekah setiap harinya mulai matahari terbit. Memisahkan (menyelesaikan perkara) antara dua orang (yang berselisih) adalah sedekah. Menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang-barangnya ke atas kendaraannya adalah sedekah. Berkata yang baik juga termasuk sedekah. Begitu pula setiap langkah berjalan untuk menunaikan shalat adalah sedekah. Serta menyingkirkan suatu rintangan dari jalan adalah sedakah,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: Dokter, Perawat dan Semuanya Gempar, Lihat Bayi Baru Lahir Ini Sebut Nama Allah Berkali-kali

Lalu, bagaimana jika kita merasa kesulitan bersedekah sekalipun hanya dengan melakukan kebaikan-kebaikan untuk orang lain?

Mengutip ummi-online, ada satu amalan yang mencukupi sedekah 360 persendian kita, oleh sebab itu perlu untuk kita rutinkan setiap harinya, yakni dengan shalat Dhuha minimal dua rakaat:

“Setiap persendian salah seorang di antara kalian ada sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, amar ma’ruf adalah sedekah, nahi munkar adalah sedekah, dan sudah mencukupi hal itu dua rakaat dhuha yang dilaksanakannya,” (HR. Muslim dari Abu Dzarr ra).

Jangan sampai kenikmatan setiap persendian yang Allah anugerahkan pada kita, yang membuat kita mampu berjalan, menggenggam, memasak, mencuci, mengunyah, tidak kita syukuri dengan selayaknya.

Mari lakukan shalat Dhuha rutin setiap harinya, luangkan 5 menit saja dan semoga kita tercatat sebagai hamba Allah yang bersyukur. []
Top