Meski 8 Hal ini Membuat Kita Susah dan Lelah, Namun Allah Sangat Menyukai



Terkadang, seseorang merasakan frustasi dengan rutinitas kerja yang dilakukan setiap hari. Merasa lelah, capek, bosan, dan bahkan ingin resign dari perusahaan tersebut. Janganlah cepat mengeluh kawan, mungkin kelelahan yang Anda alami setiap hari sungguh dicintai oleh Allah SWT. Berikut ini ada 8 kelelahan yang disukai Allah dan RasulNya.

1. Berjuang di jalan Allah hingga Lelah


Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang pada jalan Allah; lalu mereka membunuh atau terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan Al Quran. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan itulah kemenangan yang besar. (QS. At-Taubah;9:111)

Baca Juga:
- Bukannya Marah, Pedagang Keset Malu Hingga Menangis Karena Ditabok Sandal
- Apa Hukumnya Orang Menikah Tapi Sudah Hamil Duluan? Berikut Penjelasanya!

2. Bersusah payah dalam mengajak kebaikan


Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: "Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menyerah diri?" (QS.Fussilat;41:33)

3. Bersusah payah dalam ibadah dan beramal sholeh


Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik. (QS.Al-Ankabut;29:69)

4. Kelelahan karena mengandung, merawat dan mendidik anak


Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu. (QS. Luqman;31:14)

5. Bersusah payah dalam mencari nafkah halal dan bersedekah


Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: "Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?"
(QS.Al-Munafiqun; 63:10)

6. Menanggung kelelahan dalam memberikan nafkah dan kasih sayang kepada anak istri


Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. (QS. At-Tahrim;66:6)

7. Bersusah payah dalam menuntut Ilmu


Tidak wajar bagi seseorang manusia yang Allah berikan kepadanya Al Kitab, hikmah dan kenabian, lalu dia berkata kepada manusia: "Hendaklah kamu menjadi penyembah-penyembahku bukan penyembah Allah". Akan tetapi (dia berkata): "Hendaklah kamu menjadi orang-orang rabbani, karena kamu selalu mengajarkan Al Kitab dan disebabkan kamu tetap mempelajarinya.(QS. Ali Imran; 3:79)

8. Bersabar dalam lelah menanggung sakit, menanggung kekurangan dan kesusahan.


Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.(QS.Al-Baqarah;2:155)

Top