Masjidil Haram, Tempat Suci yang Membuat Orang Menangis Saat Melangkah ke Sana


asepseteiawan.com

Mungkin diantara ikhwan atau akhwat yang sudah pernah ke Tanah Suci Mekkah akan merasakan sendiri suasana yang masuk ke sanubari hingga membuat tumpah air mata yang benar-benar bersumber dari relung qolbu.

Tapi bagi yang belum berkesempatan ke Mekah, mungkin bertanya kenapa setiap orang yang masuk Masjidil Haram yang berada di Kota Mekah ini, saat melihat Ka’bah yang di sekitarnya dipenuhi orang thawaf, maka air matanya tumpah tak terbendung.

Mengapa?

Mengutip sakinahpenyejukjiwa.com, hal ini terjadi karena ada getaran spiritual yang sangat kuat dan khusus. Muncul rasa haru, bangga, syukur dan rasa terhormat.



Sebab, dalam kondisi bagaimanapun, baik jiwa bersih maupun kotor semuanya mendapat undangan dari Allah, Sang Pencipta alam raya untuk datang ke Baitullah guna melaksanakan perintah-Nya.

Baca Juga: Kisah Kematian Terindah Sepanjang Sejarah Manusia di Bumi

Bagi semua tamu Allah, diam-diam muncul pengakuan mendalam bahwa dirinya tidak luput dari alpa, khilaf, dan dosa.

Masjidil Haram menjadi “saksi” atas pengakuan polos dan jujur dari para hamba. Masjidil Haram merupakan tempat suci yang sehingga “tidak layak” orang yang jiwanya kotor masuk ke dalamnya.

Tetapi karena “undangan” Sang Kekasih maka orang yang bergelimang dosa sekalipun diberi kesempatan untuk duduk bersimpuh di masjid nan suci itu.

Oleh: Abd. Kholiq
Top