Masalah Bisa Saja Datang dari Seorang Teman, Ini Solusi Jitunya A la Islam!


Siapa yang tak mempunyai masalah dalam hidupnya? Semua manusia pastilah mempunyai masalah sekecil apapun itu, apalagi jika dalam hal pertemanan yang menyatukan beberapa kepala ke dalam sebuah ikatan saling membutuhkan satu sama lain. Dalam pertemanan atau persahabatan tentu tak selamanya berjalan indah dan bahagia-bahagia saja. Terkadang kita mepunyai berbagi masalah dengan teman kita sendiri. Entah itu berbeda pendapat atau salah paham.

Selama hidup, masalah akan tetap ada dalm kehidupan kita. Termasuk dalam hal pertemanan. Ketika berteman, kita bekerjasama dengan orang yang berbeda dengan kita. Berbeda dalam hal potensi, latar belakang, kebiasaan dan lain sebagainya. Maka dari itu, masalah pasti akan mengahampiri seseorang yang sedang menjalin sebuah pertemanan.

Baca juga : Karena Tuhan Telah Menggariskan Setiap Mahkluknya, Jangan Jadi Orang Lain!

Seringkali ketika masalah itu datang kita akan merasa kesal dengan teman kita. Kita merasa bahwa kitalah yang benar dan merekalah yang salah. Dan kita lah yang terdzalimi dan teman kita lah yang mendzalimi. Sadarilah wahai sahabatku, justru dari merasa seperti itulah masalah akan semakin tumbuh dan rasa kesal akan semakin berkembang.

Ketika permasalahan hadir di antara pertemanan, hanya ada 3 solusi yang dibutuhkan, yaitu:

1. Mengalah


Dalam pertemanan seringkali kita menemukan perdebatan yang hebat dengan teman kita. kita mempunyai pendapat dan ide yang berbeda dengannya. Ketika tidak ada yang mengalah di antara keduanya, maka masalah pun akan muncul dan hubungan pertemanan pun akan mulai tidak harmonis.

Di sinilah perlu adanya keikhlasan dalam menekan kegoisan kita. Selama kita memiliki egoisme yang kuat dan tidak ingin menerima pendapat dari orang lain, maka itulah masalah yang besar. Dalam pertemanan kita perlu adanya saling mengalah satu sama lain demi terciptanya hubungan yang harmonis.

2. Memulai


Seringkali ketika masalah datang menghampiri pertemanan, kita akan diam dan tidak bertegursapa dengan teman kita. Maka solusi dari masalah ini adalah memulai. Mulailah untuk menyapa teman kita terlebih dahulu.


Baca juga : Kerap Terjadi, Lupa Sudah Rakaat Berapa Ketika Shalat, Ini yang Harus Dilakukan!

Jangan pernah menunggu. Karena bisa jadi, teman kita pun sedang menunggu agar kita menyapanya terlebih dahulu. Maka mulailah menyapanya, mulailah bersikap baik padanya, dan mulailah meminta maaf kepadanya.

3. Mendoakan


Jika memulai dan mengalah tidak menyelesaikan masalah yang kita hadapi dengan teman kita, maka solusinya adalah mendoakannya. Pada hakikatnya hati kita berada di genggaman-Nya. Dia-lah yang kuasa atas kelembutan hati seseorang. Maka berdoalah kepada Allah agar hubungan pertemanan tetap baik-baik saja dan kembali seperti semula.

Tidaklah Allah menciptakan sesuatu itu sia-sia melainkan pasti ada hikmahnya. Termasuk perihal pertemanan. Ada maksud lain mengapa Allah mengenalkan kita pada teman kita, bisa jadi teman kita adalah ujian bagi kita. Maka jangan pernah berhenti untuk mendoakan kebaikan baginya.
Top