Malam Jumat Tiba, Yuk Ajak Suami Lakukan 4 Hal Ini

Komentar
Salah satu malam yang dimuliakan Allah SWT adalah malam jumat. Di malam itulah manusia bisa mendekatkan dirinya kepada Allah.



BACA JUGA: Kisah Pilu Linda yang Ditahan Hanya Karena Baju Laundryan

Tak hanya itu, buat yang sudah berkeluarga, malam jumat juga bisa sebagai ajang untuk mendapatkan pahala yang begitu besar dari Allah. Nah, untuk mendapat pahala tersebut, seorang istri harus mengajak suaminya untuk melakukan 4 hal ini. Seperti yang dikutip dari inspiradata.

1. Mengajak Suami Membaca Surah Al-Kahfi

Sebuah hadis menjelaskan bahwa barang siapa yang membaca surah ini di malam Jumat maka akan dipancarkan cahaya antara dirinya sampai baitul Atiq. Sebagai seorang istri, sudah sepatutnya kita saling mengingatkan untuk meneladani sunnah Rasul dan melakukan perintah-Nya, maka selalu ajaklah suami dan keluarga menuju kebaikan. Luangkanlah waktu untuk membaca surat ini bersama suami agar keutamaannya berlipat. Dan untuk beribadah atau beramal kita bisa melakukannya kapan saja.

2. Melayani Suami dengan Penuh Kasih Sayang

Sebuah hadis meriwayatkan bahwa hubungan suami istri adalah sedekah. Seorang sahabat bertanya apakah jika mereka mendatangi istrinya dengan syahwat akan mendapatkan pahala. Rasul pun menjawab bahwa jika kita mendatangi mereka yang diharamkan maka kita akan mendapatkan dosa sehingga jika kita melakukannya pada yang halal akan mendapatkan pahala.

Sementara, keutamaan melakukan hubungan ini di hari Jumat juga dijelaskan dalam sebuah hadis yang mengatakan bahwa barang siapa yang mandi di hari Jumat, membersihkan dirinya dan segera pergi ke masjid dengan penuh kesungguhan saat mendengarkan khutbah maka setiap langkah menuju masjid mendapatkan pahala sebagaimana pahala setahun, yakni pahala puasanya dan shalat malamnya. Namun, mandi sebelum shalat ini tidak selalu harus di awali dengan berjima’.

3. Mengajak Suami Membaca Shalawat

Keutamaan dari membaca shalawat telah diterangkan dalam sunnah Rasulullah dimana jika kita melafalkan shalawat pada hari Jumat maka kelak kita akan menjadi orang yang paling dekat dengan Rasulullah di surga. Jika seorang istri membaca shalawat untuk dirinya sendiri maka ia akan mendapatkan keutamaan bagi dirinya sendiri. Tapi, jika kita mengajak suami untuk membaca shalawat maka kita dapat mengamalkan sunnah Rasul bersama sehingga akan menambah pahala kita. Oleh karena itu, jangan pernah lelah untuk mengingatkan suami dalam melafalkan shalawat kepada Nabi. Tidak hanya untuk hari Jumat, tapi sepanjang waktu.

4. Membangunkan Suami untuk Shalat Tahajud

Shalat tahajud memiliki keutamaan yang besar untuk dilakukan. Shalat seorang diri saja sudah merupakan amalan yang luar biasa. Apalagi, jika kita mengajak orang lain untuk melakukan amalan ini. Sebagai keluarga, kita harus bisa saling mengajak dalam kebaikan agar keluarga ini bisa selamat hingga hari akhir kelak. Untuk itu, saat kita terbangun di tengah malam dan hendak melakukan shalat qiyamu lail maka bangunkan juga sang suami agar kita bisa shalat berjamaah. InsyaAllah keluarga ini akan mendapatkan rahmat dari Allah.

Sudah siap untuk melakukan 4 hal diatas?
Top