Ketika Pimpin Doa, Ajal Menjemput Ustaz Ja`far

Penulis Unknown | Ditayangkan 26 Apr 2017

Nama Ustaz Jafar Abdul Rahman baru-baru ini menjadi viral karena cara Allah Memanggilnya benar-benar mulia. Beliau, meninggal saat dirinya membacakan doa di Haul Keluarga Khoffifah Indar Prawansa di Jemursari, Surabaya, Jawa Timur.

Ketika Pimpin Doa, Ajal Menjemput Ustaz Ja`far

BACA JUGA: TEGA! Hanya Karena Lapar, Ayah Ini Melempar Bayinya Sendiri ke Tungku..

Dikutip dari tribunnews, Memasuki ayat keempat Surat Al-Mulk tiba-tiba suaranya semakin rendah dan tak terdengar lagi. Video detik-detik meninggalnya ustaz Ja’far juga menjadi viral setelah tersebar.

Dalam video itu, terlihat Ustaz Ja'far terdiam setelah membacakan ayat 2 Surat Al Mulk. Kemudian, tubuhnya bergetar dan kian lama semakin merunduk. Berikut videonya seperti yang diunggah oleh akun jejaring sosial Twitter monadeby.



Ustaz Ja'far Abdul Rahman yang meninggal saat membacakan doa di haul keluarga Khofifah Indar Parawansa ternyata tetangga Khofifah.

Menurut Khofifah, ustaz Ja'far sudah seringkali membacakan doa ketika acara Muslimat Nahdlatul Ulama ataupun kegiatan internal NU lain. "Beliau ini tetangga saya. Hampir 98 persen di tiap acara saya, saya selalu mengajak beliau," ujar Khofifah kepada Surya di sela acara yang berlangsung di Jemursari, Surabaya, Senin (24/4/2017).

Ketua Umum PP Muslimat NU tersebut menyebutkan alasannya memilih ustaz Ja'far karena dianggap mumpuni dalam membaca Alquran. "Kami selalu memilih memberdayakan masyarakat sekitar," beber Khofifah yang juga Menteri Sosial Republik Indonesia ini.

Ia kaget ustaz Ja'far meninggal saat membaca Surat Al-Mulk. Khofifah berharap ustaz Ja'far meninggal dalam keadaan khusnul khatimah.

Umat Islam meyakini mereka yang meninggal khusnul Khatimah diyakini akan masuk surga. "Jadi, kita tadi kaget, terkejut luar biasa. Waktu sampai di ayat kedua, beliau kemudian terdiam. Kita semua tolah-toleh (bingung). Ternyata, ustaz Ja'far berpulang," Khofifah melanjutkan ceritanya.

Khofifah dan jemaah mendoakan Allah menerima seluruh amal baik ustaz Ja'far saat membaca Alquran dan pada acara yang penuh berkah. "Kan seperti ini, (Khofifah kemudian membaca bunyi surat Al Mulk ayat kedua), dari maknanya saja beliau ini ada firasat baik bahwa beliau meninggal dunia dalam khusnul khatimah," kata dia.

Berikut terjemahan dua ayat pertama Surat Al-Mulk yang dibaca ustaz Ja'far: "Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun."
SHARE ARTIKEL