Karena Setan Inilah yang Mendampingi Kita Seumur Hidup! Benarkah Demikian?


Jika mendengar beberapa ulasan mengenai setan ataupun jin kafir yang bisa mengganggu manusia dari lahir yang mana selalu membuat tangis pecah dari para bayi. Maka bisa saja memang hal tersebut karena adanya aktifitas tak kasat mata yang ingin menyesatkan si kecil. Ketahui setan adalah musuh yang nyata bagi manusia, maka bisa saja ia sudah ingin menjerumuskan semua manusia bahkan dari lahir sekalipun.

Baca juga : Apa Salahnya Waspada? Daripada Kena Ludah Setan di Warung Sebelah? Hii..

Setan dalam bahasa Arab artinya ‘sesat’ atau ‘jauh’. Setan dalam Islam adalah makhluk yang senantiasa menggoda manusia agar menyimpang dari perintah Allah. Setan membisikkan kata-kata indah untuk menipu manusia agar melakukan kemaksiatan, sehingga manusia dapat menemaninya di neraka. Sehingga muncul pertanyaan, tentang apakah setan akhirnya menempel pada manusia agar dapat menggoda setiap saat.

Jawaban atas pertanyaan ini bisa ditemukan di berbagai referensi primer. Baik teks-teks Alquran dan hadis, atau karya-karya ulama.

Dikatakan sebenarnya setiap manusia itu ditempeli setan dari bangsa jin. Setan inilah yang menurut Badruddin bin Abdullah as-Syibli dalam kitabnya Gharaib wa ‘Ajaib al-Jin membisikkan hawa jahat dan kemaksiatan kepada yang bersangkutan dan kerap disebut dengan qarin.

Ibnu Katsir menjelaskan maskud kata qarin dalam surah Qaaf ayat 27 adalah setan yang diutus untuk menggangu seorang manusia. Pendapat ini juga diutarakan Ibnu Abbas, Mujahid, dan Qatadah. Qarin mengganggu setiap manusia kecuali Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Tak ada setan yang mampu mengganggu Rasul. Bahkan, dalam banyak riwayat disebutkan qarin yang mengikuti Rasulullah memeluk agama Islam.

Riwayat Abdullah bin Mas’ud yang dinukilkan Imam Muslim menyatakan bahwa, setiap orang mempunyai qarin dari bangsa jin. Sahabat menanyakan,”Termasuk Engkau wahai Rasulullah?

Rasul menjawab,”Iya hanya saja Allah SWT melindungiku kemudian dia berislam dan tidak mempengaruhiku kecuali kebaikan.


Baca juga : Tak Perlu Jampi dan Mantra, Ini cara Ampuh Usir Jin dan Setan dari Rumah!

Riwayat lain dari Muslim juga menyebutkan qarin yang menempel ke manusia itu bukan saja dari bangsa jin tetapi juga ada yang berasal dari bangsa malaikat. Imam Nawawi dalam Syarh Muslim membeberkan persoalan ini dalam bab khusus, yaitu Bab Godaan Setan dan Pengutusan Pasukan untuk Menggoda Manusia dan di Tiap Manusia Ada Qarin.

Imam Nawawi pun menjelaskan, dalam hadis ini terdapat isyarat tegas agar kita selalu waspada terhadap godaan setan tersebut. Maka dari itu, semoga kita diberi perlindungan oleh Allah subhanahu wa ta’ala dari godaan setan yang dapat menghampiri kita setiap saat.
Top