Jangan Umbar Pertengkaran di Media Sosial, Ini yang Sebaiknya Dilakukan Istri!

Komentar

Kita tentunya harus memaklumi bahwa saat ada dua kepala disatukan dalam satu rumah itu akan berpeluang memunculkan berbagai macam permasalahan. Bahwa meski sudah lama berpacaran, kehidupan menikah itu nggak terjamin kalau kita bebas dari segala masalah itu. Bahkan nggak gampang sama sekali, apalagi pada suami istri yang berbeda jauh latar belakangnya.

Oleh karena itulah, dalam hidup berumah tangga wajar kiranya jika ada permasalahan. Tapi seberat apapun masalah yang Anda alami dengan suami, jangan lari atau kabur dari rumah.

Ulasan terkait : Bukannya Menutup Aurat Adalah Keharusan? Tapi Memakai Jilbab Ini Malah Dilarang!

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman, “Bertaqwalah kepada Allah rabbmu. Janganlah engkau keluarkan mereka dari rumah-rumah mereka dan janganlah mereka (diizinkan) keluar kecuali kalau mereka melakukan perbuatan keji yang jelas. Itulah hukum-hukum Alloh dan barangsiapa yang melanggar hukum-hukum Alloh, sesungguhnya dia telah berbuat dzalim kepada dirinya sendiri. Engkau tidak mengetahui mungkin saja Alloh menjadikan sesudah itu kebaikan.”  [QS. Ath-Thalaq : 1]

Maka, keluarnya seorang istri dari rumah, di samping termasuk sikap yang diharamkan oleh Allah, juga hanya akan memperbesar permasalahan yang sedang terjadi. Janganlah seorang istri muslimah mengikuti apa yang telah dilakukan oleh mayoritas kaum wanita dimana ketika terjadi perselisihan dengan suami-suami mereka, mereka pun berkata, “Pulangkan aku ke rumah orangtuaku!” atau “Aku akan menelpon keluargaku!”, lalu dia pun meminta mereka untuk menjemputnya dari rumah itu. Ini semua dilarang oleh syariat.

Jangan sampai muncul dari kita akhlak yang jelek sehingga menyebabkan kita diusir atau kabur dari rumah kita sendiri. Hendaklah seorang istri tetap tinggal di rumah, dan terus berupaya mencari jalan keluar dari permasalahan dengan berbagai cara yang sesuai syar’i.

Mencari jalan keluar juga bukan dengan cara update status di sosial media. Karena itu tidak akan membantu, malah akan semakin memperburuk keadaan karena aib keluarga akan tersebar ke orang terdekat bahkan orang yang tidak kamu kenal.


Ulasan terkait : Jangan Sampai Calon atau Istrimu Seperti Ini! Siksaan Berat Tiap Hari Pasti Menanti

Hal terpenting dalam keluarga saat ada masalah adalah duduk bersama dan membicarakan permasalahan yang tengah terjadi. Jangan gengsi dan malu untuk membicarakan masalah yang sedang dihadapi, baik itu pihak istri maupun pihak suami. Agar semuanya jadi jelas dan tidak salah paham lagi.

Yang terakhir, tetaplah berdoa dan meminta pertolongan kepada Allah agar keluarga anda selalu dalam lindungan Allah. Kita dan pasangan adalah manusia yang tidak sempurna, dimana sama-sama pribadi yang berbeda, dan pastilah punya banyak keinginan dan harapan untuk pasangan kita.

Pertengkaran dapat diubah menjadi kesempatan yang indah untuk lebih mengenal siapa diri kita dan siapa pasangan kita, dan membangun saling pengertian yang semakin baik dengan dirinya, yang justru akan semakin memperkuat kehidupan pernikahan. Semoga bermanfaat.
Top