Jangan Cuma Langgeng dan Samawa, Ini Lho Ucapan Selamat Pengantin dalam Islam!


Sudah mendapat undangan dari teman atau kerabat? Atau malah sedang mempersiapakan undangan dan perlengkapan pernikahan lainnya? Sebelum itu, pernahkah menghadiri pesta pernikahan, dan hal apa yang biasanya dikatakan untuk kedua mempelai? Pastinya doa baik. Namun, lebih dari itu ternyata ada ucapan yang disunnahkan oleh Rasulullah untuk memberi selamat kepada pengantin.

Artikel pilihan : Kita Laksana Lampu Minyak, Banyak Gelap Namun Berusaha Tetap Terang

Sudah menjadi kebiasaan atau tradisi di lingkungan masyarakat bahwasanya ketika tengah berlangsung pernikahan, maka orang-orang yang datang menghadiri pernikahan tersebut mengucapkan selamat (tahniah) kepada kedua mempelai. Hal ini tentu menjadi sesuatu yang terbilang cukup baik. Tapi, bagaimana syariat Islam memandang tentang masalah ini?

Salah satu kebiasaan orang Arab pra kedatangan Islam, ketika mengucapkan tahniah kepada pengantin baru, “bilwafa wal banin” (semoga kedua mempelai selalu kompak dan melahirkan anak laki-laki), kita ketahui Arab Jahiliyah lebih mengutamakan anak laki daripada anak perempuan.

Namun demikian, Rasulullah SAW telah menunjukkan kepada kita sesuatu yang lebih baik dan afdhal.

Dari Abu Hurairah RA, sesungguhnya Rasulullah SAW apabila memberi ucapan selamat kepada pengantin baru beliau berkata, “Semoga keberkahan Allah senantiasa menyertaimu dan mengumpulkanmu dalam kebaikan selalu,” (HR. Ahmad dan empat pemilik sunan).

Dan dalam riwayat lain, “Dari Aqil bin Abi Thalib RA, bahwa dia telah menikahi seorang wanita dari Bani Jasyum, maka mereka mengucapkan,


Artikel pilihan : Banyak yang Mencibir, Benarkah Menikah dengan Pria Lebih Muda Tak Sesuai Sunnah?

با لر فا ء و ا لبنلىن

Dia berkata, ‘Jangan berkata begitu, tetapi ucapkanlah sebagaimana Rasulullah SAW mengucapkan,

ا للهم با ر ك لهم و با ر ك عللىهم

(HR. Ibnu Majah).

Bisa dijadikan sebuah kesimpulan, ketika mendatangi teman atau kerabat yang tengah melangsungkan sebuah pernikahan, maka selain mengucapkan kata "langgeng ya", atau semoga sakinah, mawaddah, warrahmah, bisa pula ditambahkan dengan doa semoga mendapatkan keberkahan dari Allah SWT yakni selalu menyertai dan menjadikannya dalam sebuah kebaikan yang hakiki dan terkumpul sampai nanti hingga anak cucu.
Top