Ini Penyebab Munculnya Uban di Usia Muda


kawaiibeautyjapan.com

Berapa usiamu saat ini? Apakah kamu termasuk orang di usia muda yang sudah tumbuh uban di kepalamu?

Memang ini sebuah fenomena, banyaknya orang yang masih muda, bahkan remaja yang usianya baru belasan tahun namun sudah memiliki uban di rambutnya.

Hal seperti ini mengklarifikasi bahwa timbulnya uban tidak hanya disebabkan oleh faktor usia saja. Dikutip dari halosehat.com, beberapa penyebab yang dapat menimbulkan uban pada usia muda antara lain:

1. Kurangnya vitamin B12. Vitamin B12, seng, dan tembaga mempunyai peran sebagai pemberi makanan.

2. Penyakit teroid. Teroid yang terlalu sedikit atau terlalu aktif mempengaruhi produksi melanin di rambut yang dapat menghasilkan uban prematur.

3. Faktor Genetik atau keturunan.

4. Kekurangan Vitamin E dan C. kekurangan dua vitamin tersebut dapat menghambat pertumbuhan sel-sel yang menciptakan melanin dalam rambut. (baca : penyakit akibat kekurangan vitamin C – makanan yang mengandung vitamin E)

5. Terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji. Dampak bahaya makanan cepat saji dapat membuat rambut tua lebih cepat.

6. Radikal bebas yang terdapat dalam tubuh perokok dapat menurunkan tingkat melanin.

7. Penggunaan hair dryer atau catok secara berlebihan. Hal buruk ini meyebabkan batang rambut menjadi panas dan lemas sehingga menghambat produksi melanin.

8. Kotornya kulit kepala. Kondisi kebersihan kulit kepala juga mempengaruhi munculnya uban. Kulit kepala yang kotor dapat memicu tumbuhnya uban.

9. Mewarnai rambut. Terlalu sering mewarnai rambut tidak bagus untuk rambut. Bahan kimia dari cat pewarna rambut dapat menghambat pembentukan melanin.

Baca Juga: "Janganlah mencabut uban karena uban adalah cahaya pada hari kiamat nanti"

10. Stres juga merupakan faktor yang berpengaruh terhadap kesehatan rambut.
Karena Penyebab Stres menyebabkan rambut rontok dan pertumbuhan uban prematur. Selain itu segala macam goncangan jiwa akan menghambat pertumbuhan melanin.

11. Diet yang tidak benar. Diet yang tidak benar ini menyebabkan tubuh kurang asupan vitamin. Ketika tubuh kekurangan vitamin, maka rambut juga tidak akan mendapat asupan vitamin yang cukup, akibatnya produksi melanin berkurang.

12. Ketidakseimbangan hormon. Ketidakseimbangan hormon ini merupakan faktor yang sangat berpengaruh. Setiap perubahan hormon yang signifikan dapat memicu munculnya uban prematur dan dapat menimbulkan bahaya rambut rontok berlebihan.

13. Menopause dini. Menopause dini mengakibatkan resiko munculnya uban prematur dan perlunya penanganan medis.

14. Kurangnya asam folat. Kekurangan asam folat menyebabkan pertumbuhan rambut dan pigmen rambut terhambat.

15. Mencuci rambut memakai air sadah. Air sadah banyak mengandung mineral dan oksigen yang dapat menyebabkan rambut rontok, kusam, kering, tipis, keriting, dan lama-kelamaan akan menumbuhkan uban prematur.

Memang kehadiran uban ini sangatlah mengganggu dan sangat mengurangi kepercayaan diri orang yang beruban. Berbagai cara dilakukan oleh mereka yang mempunyai uban untuk menutupi atau menghilangkan uban demi membuat penampilan menarik.

Cara yang dilakukan mulai dari perawatan di salon dengan menggunakan obat maupun vitamin, ada yang menggunakan cara alami dengan bahan-bahan herbal, ada yang mewarnai rambut agar uban tidak terlihat, hingga ada yang mencabutnya. Namun tahukan kamu bahwa cara-cara tersebut tidak mungkin tidak memiliki resiko. Pasti ada resiko tertentu. Baca: Resiko mencabut uban terhadap kesehatan.
Top