Ini Negara dengan Durasi Puasa Paling Lama di Dunia


Muslim rusia via bbc.com

Kita yang berada di negara Indonesia termasuk negara yang mempunyai durasi puasa yang tidak terlalu cepat. Namun juga tidak terlalu lama.

Indonesia yang berada di garis khatulistiwa pastilah berbeda dengan durasi puasa di negara-negara Eropa seperti Inggris, Finlandia, dan beberapa negara di belahan bumi lainnya.

Perbedaan durasi puasa ini dipengaruhi oleh letak geografis negara tersebut.

Beberapa tahun belakangan ini, beberapa negara di belahan bumi utara akan melaksanakan puasa bertepatan dengan musim panas. Dan umumnya musim panas di beberapa negara ini membuat matahari lebih lama bersinar dibanding negara yang berada di sekitar garis khatulistiwa seperti Indonesia.

Nah, keadaan geografis inilah menjadikan beberapa negara mengalami durasi puasa paling lama, dan ada juga negara dengan durasi puasa paling cepat.

Negara dengan durasi puasa paling lama adalah Rusia dan Islandia

Rusia

Muslim rusia via republika.co.id

Menempati urutan pertama sebagai negara dengan durasi puasa terlama adalah Rusia yaitu sekitar 22 jam. Letak negara ini yang berada di bagian utara bumi membuat mereka yang muslim harus sahur pada sekitar pukul 03:15 dan berbuka sekitar pukul 21:30.

Islandia
Hampir sama dengan Rusia, negara yang bertetangga dengan Inggris ini juga punya durasi puasa yang sangat lama yaitu 22 jam. Para muslim di Islandia harus menyelesaikan makan sahur pada pukul 2 pagi dan berbuka sekitar pukul 00 tengah malam. Islandia adalah negara dengan jumlah penduduk muslim terkecil di dunia yaitu hanya sekitar 770 orang.

Kemudian diikuti negara berikut ini.
1. Skandinavia

Berada di urutan selanjutnya adalah Skandinavia. Kelompok negara Skandinavia yang terdiri dari Finlandia, Swedia, dan Norwegia ini harus menjalani puasa selama kurang lebih 21 jam. Namum kelompok muslim di tiga negara ini memiliki toleransi untuk tetap mengikuti durasi puasa Arab Saudi atau Turki.

2. Swedia

Muslim swedia berbuka puasa via umma.united.com

Populasi Muslim di Swedia saat ini sekitar 500.000 orang. Itu berarti agama Islam dipeluk oleh 5% dari seluruh total populasi negara ini. Para Muslim Norwegia menjalani puasa sekitar 20 jam, jika bertepatan dengan musim panas. Melihat jumlah Muslim dan lamanya waktu berpuasa, tak heran jika Muslim Norwegia adalah yang paling hebat di dunia. Mereka bisa tetap menjalankan puasa dengan waktu yang begitu lama, di musim panas pula. Tangguh bukan.

3. Inggris

Menempati urutan ke lima adalah negara Inggris. Negeri-nya Ratu Elisabeth ini punya durasi puasa sekitar 17 jam. Keadaan ini membuat komunitas Muslim di Inggris selalu memberikan peringatan pada warganya yang mengidap diabetes dan atau mereka yang berusia lanjut setiap kali bulan Puasa tiba. Mengingat sekitar 300.000 lebih Muslim di Inggris mengidap diabetes dan waktu puasa yang terlampau lama dapat membahayakan kesehatan mereka.

4. Kanada

Negeri yang beribukota di Ottawa ini, punya durasi berpuasa sekitar lebih dari 17 jam. Komunitas Muslim di Kanada hampir sebagian besar berada di kota Toronto. Dan hampir satu juta penduduk Ottawa adalah penganut agama Islam.

5. Turki

Berada di urutan terakhir sebagai negara dengan durasi Puasa terlama di dunia adalah Turki. Hampir sama dengan Inggris dan Kanada, negeri yang punya sejarah panjang tentang Islam ini punya durasi puasa setidaknya 17 jam. Meski cukup lama dalam berpuasa, namun kebiasaan ketika bulan Ramadhan tiba hampir sama dengan Indonesia. Sepi di siang hari, dan ramai di sore menjelang puasa hingga malam hari.

Kemudian negara dengan durasi puasa tercepat yang pertama adalah Chili


Muslim Chili via Huffington Post

Jika tujuh deretan negara di atas punya waktu puasa yang begitu lama, maka tidak begitu halnya dengan Chili. Negara ini berada di urutan pertama sebagai negara dengan durasi puasa yang singkat yaitu hanya sekitar 9 jam. Muslim di Chili menuntaskan makan sahurnya sekitar pukul 5 dan mulai berbuka sekitar pukul 3 sore.

Selanjutnya adalah Argentina

Puasa di negara ini hanya dijalankan selama kurang lebih 9 jam 30 menit atau sepertiga hari saja. Muslim di Argentina bisa dibilang minoritas karena jumlahnya tak begitu banyak.

Kemudian Australia
Negara dengan durasi puasa tercepat ketoga adalah Australia. Negeri Kanguru ini menjalankan puasa hanya sekitar 11 jam. Itu berari Muslim di Australia menjalankan puasa nyaris hanya setangah hari saja.

Itulah deretan negara dengan waktu puasa paling lama dan paling singkat di dunia. Semoga dengan informasi ini, kita dapat lebih bersyukur karena durasi puasa kita hanya sekitar 14 jam. So, jangan bermalas-malasan saat puasa nanti ya, Sobat Muslim.
Top