Hal Hal yang Perlu Dilakukan Istri untuk Membantu Meredakan Stress Suami



Tuntutan hidup yang makin tinggi telah terbukti meningkatkan jumlah gejala stress.  Stress juga dapat terjadi karena faktor lainnya, seperti: tekanan dalam pekerjaan, dan hubungan antar personal yang memburuk. Suami sebagai pencari nafkah utama, memiliki potensi terpapar stress karena hal tersebut diatas. Karena itu, sebaiknya istri dapat mengenali gejala awal stress yang mungkin terjadi pada suami.

Gejala stress yang terjadi biasanya berupa berubahnya perilaku seseorang dari kebiasaannya. Misalnya: menjadi pendiam, pemurung, atau mudah tersinggung dan menjadi pemarah.

Saat hal ini terjadi, apakah yang dapat dilakukan oleh istri untuk membantu meredakannya? Berikut ini adalah 5 hal perlu dilakukan istri untuk membantu meredakan stress suami:

1. Menjaga kondisi di rumah agar lebih tenang

Jika biasanya anak-anak sering membuat aktivitas yang ‘ramai’, seperti: berteriak dan bertengkar maka cobalah untuk membuat anak-anak dapat lebih tenang dengan memberikan pensil warna agar asik menggambar.

BACA JUGA : Beberapa Aktivitas Suami Istri yang Dapat Membangkitkan Mood di Pagi Hari

Kita sebagai istri yang biasanya rada ‘cerewet’, sebaiknya juga mengurangi hal ini. Hal ini sangat perlu dilakukan karena suasana gaduh dapat membuat suami yang sedang sensitif menjadi tiba-tiba meledak kemarahannya.

2. Melakukan Pijatan

Lakukanlah pemijatan pada tubuh suami. Pemijatan baik sekali untuk relaksasi dan melancarkan peredaran darah. Efek setelah pemijatan adalah badan menjadi lebih relaks dan segar dan gejala stress pun akan menurun.

3. Mengajak Berolahraga

Berolahraga akan menggerakkan otot-otot, mempercepat aliran darah dan membuka paru-paru sehingga dapat mengambil lebih banyak oksigen. Olahraga juga bermanfaat dalam mengurangi stress apalagi jika dilakukan di luar rumah dan di tempat yang hijau dan menyegarkan.

4. Mengajak melakukan aktivitas yang menjadi hobby suami

Melakukan hal yang menjadi hobi tentunya sangat menyenangkan dan hal ini dapat membantu menghilangkan gejala stress. Contohnya: memancing atau berkebun

5. Seks

Mungkin banyak orang tidak menyadari akan hal ini. Padahal berdasarkan penelitian, terungkap bahwa seks adalah cara yang luar biasa dalam meredam kemarahan dan stress.

Jadi, disaat suami menunjukkan gejala stress sebaiknya istri mencoba lebih merapikan penampilan dan memakai parfum yang disukai oleh suami.

Demikianlah 5 hal yang perlu dilakukan istri untuk membantu meredakan stress suami. Jangan lupa juga untuk memberikan motivasi dan dukungan kepada suami, karena tidaklah Allah SWT akan memberikan cobaan yang melebihi kemampuan hamba-Nya.
Top