Gempa Bumi 3.7 Skala Richter Guncang Malang


Googgle maps

Gempa bumi berkekuatan 3.7 Skala Richter mengguncang Kota Malang dan sekitarnya. Gempa bumi terjadi pada pukul 15:17 WIB dengan episenter pada koordinat 8.10 Lintang Selatan dan 112.59 Bujur Timur pada kedalaman 5 km dengan posisi sekitar 15 km barat daya Kota Malang.

"Peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempabumi/guncangan dirasakan di daerah Malang, Karangkates dalam skala intensitas II SIG-BMKG atau III sampai 4MMI. Di daerah ini guncangan gempa bumi dilaporkan dirasakan oleh beberapa orang," kata Musripan, Kepala Stasiun Geofisika Karangkates, Kabupaten Malang, Sabtu (8/4) lansir merdeka.com.

"Terkait dengan peristiwa gempa bumi Malang yang baru saja terjadi, hingga laporan disusun pada pukul 15.40 WIB belum ada aktivitas gempa bumi susulan," terangnya.

Pemicu gempa bumi, lanjut Musripan, diperkirakan adalah aktivitas sesar lokal grindulu. Gempa tidak berpotensi tsunami dan masyarakat diimbau tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG.

Getaran gempa bumi sendiri dirasakan oleh masyarakat di Malang Raya kendati tidak menimbulkan reaksi berlebihan. Masyarakat hanya merasakan getaran yang diikuti goyangan lampu gantung atau meja.
Top