Daripada Tidur, 5 Kegiatan Ini Bisa Kamu Lakukan Sehabis Solat Subuh

Shalat paling awal, yang juga merupakan salah satu shalat yang paling sulit untuk dilakukan adalah shalat subuh. Hal ini dikarenakan waktu shalat subuh berada saat pagi hari. Waktu tersebut memanglah waktu dimana orang masih lelapnya tidur. Meski begitu, wajib hukumnya untuk melaksanakan shalat subuh.



BACA JUGA: Jdooh itu Bukan Sesering Apa Kita Bertemu, Tapi Sesering Apa Kita Berdoa Supaya Dipertemukan

Meski sedikit, pasti ada waktu luang setelah menyelesaikan shalat subuh. Sayangnya, waktu tersebut tidak dimanfaatkan dengan baik dan banyak yang memilih untuk menggunakannya tidur. Padahal 5 kegiatan baik ini bisa dilakukan setelah salat subuh dilakukan, seperti yang dikutip dari hipwee.

1. Baca Buku yuuk..

Biasakanlah memulai hari dengan hal-hal positif seperti baca buku. Kamu bisa baca jenis buku yang kamu suka atau yang belum kamu selesaikan. Apapun genre bukunya terserah, yang penting kamu suka. Jadi, nggak masalah kalau kamu mau baca komik-komik sekaligus nostalgia zaman sekolah dulu. Dengan begitu, kamu jadi lebih bersemangat dan senang menjalani hari.

2. Pantengin Berita 

Di era digital seperti sekarang ini mungkin kamu terbiasa mendapat informasi dengan buka gadget. Padahal, ada baiknya jika kamu tetap menonton berita melalui layar kaca. Hal ini karena menonton berita dari televisi mampu mengistirahatkan jari-jemari dan mata yang biasanya melihat layar ponsel secara lekat. ‘Kan nonton TV cuma tinggal duduk manis dan menikmati berita.

3. Coba Deh kamu gunakan untuk menulis

Menulis itu memang nggak banyak yang menyukai. Meski begitu, terdapat kebaikan yang sayang kamu lewatkan. Kamu bisa mulai menuliskan hal-hal apa saja yang kamu mau lakukan seharian penuh. Atau kamu juga dapat menuliskan hal-hal yang ingin dicapai dan belum terealisasi. Tuliskan itu selalu agar hidup kamu jauh lebih baik dari sebelumnya.

4. Bersih-bersih rumah, kenapa tidak?

Kamu bisa membersihkan rumah di pagi hari setelah shalat subuh. Hal ini efektif lantaran orang-orang rumah pasti banyak yang belum bangun. Dengan begitu, kamu jadi lebih gampang membersihkan rumah nggak ada yang mengganggu. Mulai dari perabotan, lantai, hingga pekarangan pun selesai deh.

5. Masak untuk keluarga tercinta

Punya hobi masak? Jangan kamu sia-siakan begitu saja. Coba deh kamu maksimalkan hobi masak kamu untuk menghasilkan uang, seperti jualan kecil-kecilan. Untuk itu, kamu bisa gunakan waktu setelah shalat subuh kamu memproduksi makanan yang akan dijual. Apalagi saat pagi hari rata-rata masyarakat suka terburu-buru dan mengabaikan sarapan. Alhasil, perut jadi lapar. Nah, kesempatan emas nih buat kamu jualanan nasi uduk, gorengan, atau kue-kue lainnya.

Selain itu, anda juga bisa loh membuat bekal yang unik dan menarik buat anak anda tercinta agar tidak jajan sembarang saat pergi ke sekolah. Apalagi sekarang sudah full day school, hmm pas banget!
Top