Curahkanlah Semua Masalahmu Dishalat Malam, Dan inilah Beberapa Cara Agar Rajin Shalat Malam

Penulis Cang Karna | Ditayangkan 26 Apr 2017
Curahkanlah Semua Masalahmu Dishalat Malam, Dan inilah Beberapa Cara Agar Rajin Shalat Malam


Shalat malam adalah shalat sunnah yang dilakukan pada malam hari. Shalat malam dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam, bahkan Nabi menganjurkan pada dirinya sendiri untuk istiqomah dalam menjalankan shalat malam setiap hari. Karena mengerjakan shalat malam merupakan ibadah sunah yang paling utama setelah shalat fardhu.

Semua umat muslim yang telah memenuhi shalat fardhunya pasti akan berlomba-lomba untuk menjalankan shalat malam. Namun tak semudah itu umat muslim menjalankan shalat malam, banyak godaan-godaan syetan yang dapat mengurungkan niat agar tidak melaksanakan shalat malam. Sedangkan kita sebagai umat muslim bagaimana cara agar kita dapat rajin menjalankan shalat sunah malam?

1. Niat yang baik dan ikhlas

Niat yang baik akan memantapkan hatinya untuk menjalankan shalat malam sebagai ibadah shalat sunah yang diajurkan. Niat yang baik itu niat yang seperti apa? niatkan pada diri sendiri untuk mencari keridhoan Allah SWT dalam menjalankan setiap ibadah.

Allah memang menciptakan manusia untuk menyembah pada-Nya, tidak salah jika umatnya memohon serta meminta apa yang diinginkan mereka sedangkan Allah yang memutuskan akan dikabulkan atau tidak doa umatnya sebab Allah Maha mengetahui pantas dan tidak pantas untuk umatnya.

Pasrahkan semua keputusan pada Allah, niscaya akan mendapat keridhoan-Nya. Jadi niatkan pada diri sendiri bahwa menjalankan ibadah tidak semata-mata untuk meminta keinginan tapi mengaharap ridhonya sehingga dengan niat yang ikhlas sholat sunnah malam akan menjadi pekerjaan yang ringan untuk dikerjakan.

2. Hindari perbuatan maksiat

Perbuatan maksiat dapat menjauhkan kita dari Allah SWT, jika kita melanggar larangan Allah SWT niscaya kita sedikit demi sedikit akan dikeraskan hatinya. Secara tidak sadar kita akan menolak hal-hal yang diperintahkan untuk umat muslim sehingga tidak hanya sunnah yang akan ditinggalkan melainkan sholat wajibpun akan ditinggalkan. Jadi hindarilah perbuatan maksiat agar kita tidak jauh dari Allah SWT bahkan akan lebih dekat dengan ditambahnya shalat sunah malam.

3. Berprasangka baik

Hindari penyakit hati dengan berprasangka baik pada orang lain. Kenapa demikian? Penyakit hati datangnya dari padangan kemudian kepikiran lalu kehati. Sama seperti perbuatan maksiat, hati seseorang akan menjadi keras sehingga tidak mau menerima hal-hal baik dari orang lain jika kita mempunyai penyakit hati maka keraslah hati kita.

BACA JUGA : Selain Surga Yang Sudah Menunggunya, Inilah Beberapa Keistimewaan Menjadi Ibu

Akhirnya kita tidak mau menjalankan apa yang diperintahkan Allah SWT karena kita merasa yang paling benar. So, jangan berpikiran buruk pada orang lain sebab orang buruk mungkin saja kita lebih buruk dari orang tersebut dengan kita merasa lebih buruk orang yang seharusnya lakukan adalah memperbaiki dan lebih mendekatkan diri pada Allah dengan cara mennjalankan shalat sunah.

4. Takut pada Allah SWT

Orang yang takut pada Allah SWT  maka akan menjalankan semua perintah Allah SWT dan tak akan pernah melewatkannya. Mereka akan mengusahakan agar mereka bisa menjalankan perintah baik wajib maupun sunah.

5. Mengetahui keutamaan shalat sunnah malam hari

Tak kenal maka tak sayang, pribahasa tersebut bisa diterapkan agar kita dapat rajin menjalankan sholat sunnah malam. Orang yang tak mengenal keutamaan sholat sunnah malam maka orang tersebut tidak akan menjalankannya, maka ketahuilah keutamaan sholat sunnah malam sehingga kalian akan jatuh hati pada shalat sunah sehingga ingin menjalankannya.

6. Tidur lebih awal

Tidur lebih awal akan membantu kalian dalam menjalankan shalat sunnah malam. Mengawali tidur akan lebih baik untuk kesehatan, sehingga ketika bangun tidur badan akan lebih segar dan membantu niat kita untuk menjalankan shalat sunah malam.
SHARE ARTIKEL