Cara MUDAH Mengeluarkan Semut yang Masuk ke dalam TELINGA!


youtube.com

Mungkin jika kita kemasukkan semut ditelinga, rasanya ada suara yang keras yang begitu mengganggu. Atau jika sampai semutnya menggigit di dalam telinga, rasanya minta ampun sakit. Ada yang pernah mengalami?

Mungkin dalam kondisi apapun anda tak akan tahan sakitnya, hingga ingin segera pergi ke dokter THT atau bahkan ke UGD. Atau mungkin malah melakukan hal yang berbahaya.

Pernahkah anda membaca bahwa ada semut yang masuk ke otak anak melalui lubang telinga hingga menyebabkan kematian? Bagaimana bisa. Kemungkinan itu ada jika semut telah merusak gendang telinga dan masuk ke dalam kepala. Maka dari itu bila tidak yakin dengan yang akan anda lakukan hati-hati.

Catatan:
Jika ada semut atau serangga yang masuk ke telinga tidak akan masuk kedalam otak atau bagian kepala lain selama gendang telinga tidak pecah atau robek, jadi selama gendang telinga sehat, tidak akan jadi masalah. Namun jika ada luka di gendang telinga, semut bisa saja masuk kesana, apalagi misal anda memberikan tetesan air dari luar hingga semut merasa terancam.

Jangan sembarangan memasukkan cairan ke dalam liang telinga. Lebih baik menggunakan baby oil daripada minyak goreng bila kemasukan binatang dengan TANPA mengoreknya.

Baca Juga: Selain Kamar Mandi adalah Tempat Nyaman Iblis, Ini Alasan Kesehatan Tak Boleh Berlama-Lama Disana

Jangan mengorek telinga karena akan iritasi/luka, berakibat nyeri telinga bahkan dapat merobek gendang telinga yang menyebabkan ketulian permanen bila gendang telinga yang robek/pecah/berlubang tidak menutup kembali. Binatang apapun bila masuk ke liang telinga tidak akan langsung ke otak. Untuk mengeluarkan binatang yang masuk ke liang telinga sebaiknya segera ke dokter THT karena mempunyai alat untuk melihat langsung kondisi telinga dan alat khusus untuk meyakinkan /mengeluarkan binatang / benda asing tersebut bila masih ada di dalam liang telinga.

Namun bila waktu kurang memungkinkan, mungkin tengah malam tidak ada dokter THT yang praktek, cobalah langkah-langkah berikut, yang InsyaAllah dapat membuat semuat keluar dengan sendirinya.

- Sorot lubang telinga menggunakan pake lampu senter atau alat sumber cahaya lain

- Olesi daun telinga di olesi air liur

- Masukan air yang sudah direndam tembakau

- Olesi minyak kayu putih atau minyak yang berbau tajam di belakang daun telinga karena
Semut takut dengan minyak yang baunya tajam sesaat kemudian dia akan keluar sendiri

- Bersihkan Telinga pake cotton bud dibasahi Baby Oil

Nah, ini ada yang unik. Kata nenek moyang kita dulu jika telinga kemasukkan semut, letakkan daun pisang diluar telinga kita. Entah benar atau tidaknya silahkan dicoba.

Semoga tips-tips sederhana ini dapat bermanfaat untuk anda.
Top