Bunda, Begini Caranya Mengobati Anak Mimisan


satujam.com

Epistaksis atau mimisan adalah pendarahan yang keluar dari hidung yang terjadi karena lepasnya mukosa. Mukosa ini mengandung pembuluh darah kecil. Mimisan dapat terjadi pada balita, anak-anak bahkan orang dewasa. Mimisan bukanlah jenis penyakit yang berbahaya. Namun Anda tetap harus waspada agar dapat mengobati jika sewaktu-waktu Anda atau orang di sekitar Anda mengalami mimisan.

Penyebab Mimisan
Penyebab umum mimisan adalah pembuluh darah yang terbuka, sinusitis, dan tumor. Mimisan juga bisa disebabkan oleh kelainan pada tubuh seperti penyakit darah tinggi dan kelainan pembuluh darah. Selain itu ada beberapa penyebab lainnya, yaitu:

Alergi terhadap sesuatu
Alergi terhadap sesuatu dapat menyebabkan pembuluh kapiler terbuka. Terbukanya pembuluh kapiler ini mengakibtakan darah keluar melalui hidung.

Hidung kering dan iritasi
Mimisan juga bisa disebabkan oleh hidung yang kering dan iritasi karena perubahan cuaca yang ekstrim. Akibatnya hidung mengalami gangguan fungsi dan menyebabkan darah keluar.

Menderita flu berkepanjangan
Jika mengalami flu dalam waktu yang cukup lama, hidung akan mengalami luka akibat iritasi ketika membuang ingus. Akibatnya darah dapat keluar dari hidung. Sebaiknya gunakan tissue atau kain yang lembut untuk menyeka ingus ketika Anda terkena flu.

Naiknya tekanan darah
Mimisan juga dapat terjadi pada seseorang yang tekanan darahnya naik. Jika ini pada wanita hamil, sebaiknya konsultasikan pada petugas kesehatan/Dokter.

Menderita suatu penyakit
Penyakit seperti leukeumia juga dapat menyebabkan mimisan. Namun saat ini penderita leukeumia sudah dapat mengatasi mimisan dengan obat tertentu.

Mimisan juga dapat terjadi jika seseorang menderita tumor di rongga hidung yaitu angiofibroma. Tumor ini biasa ditemukan pada anak usia muda atau dewasa muda dan seringkali terlihat sebagai benjolan sebesar biji nangka berwarna merah keputihan di hidungnya.

Dalam keadaan infeksi sistemik seperti demam berdarah Anda juga dapat mengalami mimisan, biasanya ini pertanda bahaya pada kasus demam berdarah tersebut. Pada keadaan demam berdarah mimisan seringkali diikuti perdarahan juga pada organ lain sehingga mimisan karena demam berdarah mudah dibedakan dari mimisan karena sebab lain.

Baca Juga: Cara MUDAH Mengeluarkan Semut yang Masuk ke dalam TELINGA!

Dikutip dari satujam.com, begini cara mengatasi mimisan.

1. Dudukkan anak agar hidung lebih tinggi dari jantung.
2. Jangan tidur telentang sebab aliran darah akan bertambah deras dan dapat tertelan.
3. Bungkukkan badan ke depan, usahakan bernafas melalui mulut.
4. Tekan cuping hidung selama kurang lebih 5 menit.
5. Berikan kompres dengan es pada hidung untuk memperlambat aliran darah.
6. Gunakan daun sirih. Ambil daun sirih yang telah dicuci bersih kemudian gulungkan seukuran lubang hidung kemudian sumpalkan pada lubang hidung selama 15-20 menit.

Apabila dengan cara-cara di atas mimisan tidak kunjung berhenti, segera periksakan ke dokter. Ingat, tubuh sehat merupakan awal kesuksesan Anda. Semoga informasi ini bermanfaat.
Top