"Bunda, Allah Itu Siapa?" Jawablah dengan Ini

Anak kecil pasti memiliki rasa ingin tahu yang begitu besar, terutama soal sesuatu yang baru saja mereka dengar dan mereka kenal. Terutama dalam hal agama. Tak heran jika mereka penasaran, siapa sosok Allah yang sering mereka dengar. Seperti pertanyaan bertikut:

“Allah itu besar, sebesar apa, Ma?”
“Allah di langit ya, Ma? Jauh dong!”
“Kalau Allah ada di mana-mana, berarti Allah itu banyak ya, Bun?”
“Kalau Allah ada di hatiku, di hati Bunda, di hati Ayah, berarti Allah itu banyak ya, Bun?”
“Bu, Allah itu siapa?”

Lantas, jika pertanyaan ini munvul, apa yang harus dijawab? Pasti akan merasa kesulitan saat akan menjawabnya. Mau jawab takut salah, gak dijawab bagaimana dengan pertanyaan aanaknya?



BACA JUGA: Alasan Kuat Kenapa Allah SWT Turunkan Nabi Isa, Bukan Nabi Muhammad Menjelang Kiamat

Ada cara mudah mengenalkan Allah pada anak-anak kita, yaitu kita ikuti saja bagaimana cara Allah memperkenalkan diri-Nya di dalam Al-Qur’an. Seperti yang dikutip dari islamidia. “Allah, tidak ada tuhan selain Dia.” (QS.2.255)

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. “ (QS. Al-Baqarah: 186)

“… Sungguh, Dia Maha Mendengar, Maha Dekat.”  (QS. 34: 50)

“Dan sungguhnya, Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya,” (QS. 50: 16)

“dan Kami lebih dekat kepadanya (nyawamu), daripada kamu. Tapi kamu tidak melihat,” (QS. 56: 85)

“… Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat, apa yang kamu kerjakan.” (QS. 57: 4)
“… Dan tiada ada yang kurang dari itu atau lebih banyak, melainkan Dia ada bersama mereka, di manapun mereka berada. …” (QS. 58: 7)

“Dan milik Allahtimur dan  barat, ke manapun kamu menghadap di sanalah (ada) wajah-Allah. Sungguh, Allah Maha Luas, Maha Mengetahui.” (QS. 2: 115)

“… Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS. 2: 29)

“Maka rahasiakanlah perkataanmu atau nyatakanlah. Sungguh, Dia Maha Mengetahui segala isi hati.” (QS.67:13)

Dan masih banyak lagi ayat-ayat lain dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang Allah.

Sebagaiam orang tua, kita hanyalah perlu meningkatkan interaksi dengan Alquran, agar Allah berkenan memberikan ilham kepada kita saat kita menghadapi pertanyaan sulit anak-anak tentang Dia.

Tidak perlu takut pada pendapat yang mengatakan bahwa bahasa Alquran itu terlalu tinggi untuk anak-anak. Alquran itu rahmat bagi seluruh alam. Allah menjanjikan kemudahan dalam memahaminya, asalkan hati kita tunduk dan ikhlas kepada-Nya.

Pun begitu pula bagi anak-anak yang masih fitrah. Alquran, Insya Allah, akan memudahkan kita dalam mendidik mereka.  Dan Allah Lebih Mengetahui Yang Sebenarnya.
Top