Bukannya Menutup Aurat Adalah Keharusan? Tapi Memakai Jilbab Ini Malah Dilarang!


Sebagai seorang muslim, apalagi wanita yang mana dianjurkan untuk membatasi hal-hal yang bisa memicu keburukan. Diantaranya adalah perintah untuk menutup aurat, yang telah dijelaskan batas-batasnya dalam banyak sekali literatur. Maka jika ditanya apa batas bagi seorang muslimah ketika menggunaka penutup aurat?

Jawaban yang menempati posisi teratas pastilah jilbab ataupun kerudung. Benar, jilbab memang telah menjadi trend masyarakat Indonesia khususnya kaum hawa. Bahkan mereka ada yang rela mengeluarkan isi dompet untuk memperdalam ilmu mempercantik diri dengan jilbab tersebut.

Baca juga : Ya Allah, Aku Lelah, Pensiunkan Saja Diriku Menjadi Seorang Ibu

Tetapi pertanyaannya, apakah mereka telah mengetahui aturan-aturan berjilbab yang sesungguhnya? Mengingat kenyataan saat ini sangat banyak yang jauh dari kata jilbab/ hijab sehingga mereka digelari oleh orang-orang yang mengetahuinya sebagai jilbob. Ada beberapa gaya berjilbab yang justru menambah dosa bagi pemakai jilbab tersebut yakni kau hawa.

1. Jilbab yang Menyerupai Wanita Selain Muslimah


Jaman memang sudah berkembang, begitu juga dengan model-model berbusana. Tetapi tidak berlaku bagi aturan agama, terutama tentang berjilbab. Para muslimah hendaknya benar-benar mengetahui bagaimana tata cara berjilbab yang benar.

Agar yang dilakukan oleh mereka tidak sia-sia bahkan hanya menghasilkan dosa bukan pahala. Sebagai contoh, berkerudung namun pahanya masih jelas terlihat, berjilbab namun dada tetap dipamerkan. Dengan demikian, berjilbab justru membuat mereka semakin berdosa saja.

2. Jilbab yang Mirip Pakaian Lelaki


Celana jeans dan kaos lengan panjang pada dasarnya pakaian yang biasa dipakai oleh laki-laki. Namun, muslimah saat ini seakan tidak tahu dengan hal tersebut.

Walaupun mereka memakai kerudung, namun kerudung yang mereka pakai tidak menutupi lekuk tubuh seperti dada dan punggungnya, terlebih lagi dipadu dengan pakaian kaos lengan panjang serta celana jeans, akhirnya tubuh mereka yang harusnya tertutup dan tidak nampak lekukannya, malah semakin menonjol kemana-mana.

Model yang demikian itu tidak boleh dipraktekkan oleh para muslimah. Karena gaya seperti ini merupakan sumber dosa bagi para muslimah. Sebagaimana yang tertera dalam Al-Qur’an surat An Nuur ayat 31.

3. Jilbab Ketat


Diwajibkannya memakai jilbab bagi Muslimah dengan tujuan agar menutupi kulit serta lekuk tubuh yang menggoda para kaum adam. Namun yang terjadi saat ini, muslimah seakan-akan mengacuhkan ketentuan berjilbab tersebut.


Baca juga : Karena Terkadang, Kuasa Allah Tetap Bekerja Meskipun Dirimu Sudah Lupa Pernah Meminta

Mereka pada dasarnya memang berjilbab, namun tidak sesuai dengan aturannya karena lekuk tubuh mereka masih sangat nampak. Bahkan sebagian dari muslimah tersebut berjilbab hanya untuk menonjolkan lekuk tubuh mereka. Hal seperti inilah yang menambah dosa mereka.

4. Jilbab Dengan Bahan Tipis Bahkan Transparan


Memakai jilbab dengan bahan tipis alias transparan memang terlihat modis. Dan bahan ini sangat cocok bagi para muslimah yang berada di daerah yang panas.

Namun, jilbab dengan bahan inilah yang justru membuat dosa dan tidak diperbolehkan oleh agama. Rosulullah SAW menyebut hal seperti ini dengan sebutan “berpakaian tapi tellaanjangg”.

Oleh karena itu, sebelum mantap untuk berhijab dan ingin selalu tampil modis dengan dandanan masa kini, boleh-boleh saja memang. Namun ada baiknya untuk para muslimah agar memahami betul seperti apa hijab dan juga aturan-aturannya. Berhijab itu mudah kok, sederhana, namun tetap penuh dengan kecantikan. Semoga bisa jadi pembelajaran buat para muslimah.
Top