Bukan Tak Ada Manfaatnya Islam Melarang Mencabut Uban, Karena ini 4 Bahaya Mencabut Uban


Jangan sembarangan mencabut uban via infoyunik.com

Pernahkah Anda merasa tidak percaya diri dengan penampilan Anda? Merasa ada yang kurang dengan apa yang Anda miliki? Atau merasa ada yang mulai berubah dari tubuh Anda dari yang dulunya bagus menjadi tidak bagus?

Hal seperti ini mungkin saja pernah dialami oleh beberapa orang. Mempunyai penampilan yang cantik dan memliki anggota tubuh sesuai yang diinginkan memanglah idaman setiap orang. Tidak hanya bagi wanita namun juga pria, dan berbagai kalangan.

Sebagian anggota badan memang bisa mengalami perubahan sesuai bertambahnya usia.

Salah satu anggota badan yang dapat berubah seiring dengan bertambahnya usia adalah rambut. Rambut memanglah salah satu anggota badan yang mendapat perhatian ekstra bagi sebagian besar manusia.

Bahkan bagi wanita, rambut merupakan mahkota yang harus dirawat, dijaga agar tetap sehat, lembut, kuat, dan warnanya bertahan. Namun terkadang meski masih muda ada pria dan wanita yang sudah beruban.

Sebenernya apa sih uban itu?
Uban merupakan rambut yang luntur pigmen atau warnanya. Uban, satu kata yang membuat banyak orang menjadi minder. Hal ini karena apabila seseorang sudah beruban, maka dikatakan bahwa orang itu tidak muda lagi.

Baca : Hal-hal yang menyebabkan Uban muncul di Usia Muda

Apabila sehelai rambut seseorang mulai beruban, dalam waktu yang tidak begitu lama maka akan ditemukan dua, tiga, empat, hingga banyak helai rambut yang beruban. Uban ini normalnya dimiliki oleh orang yang mulai tua, karena memang faktor umur sehingga rambutnya pun mulai ikut menua namun memiliki bahaya mencabut uban jika dilakukan terlalu sering.

Mencabut uban memang cara yang praktis dan instan dalam menghilangkan uban dari kepala. Namun mencabut uban ternyata mempunyai beberapa bahaya atau resiko.

Baca : Larangan Mencabut Uban dalam Islam

Dikutip dari halosehat, ada 4 bahaya apabila kita mencabut uban adalah :

1. Mengganggu saraf – Dibawah rambut banyak terdapat saraf. Jika uban dicabut dengan paksa maka akan mengganggu kesehatan sistem saraf otak yang menyebabkan sinyal untuk membentuk pigmen rambut menjadi terganggu.

2. Mengganggu pertumbuhan rambut – Jika Anda mendambakan rambut panjang dan tebal maka jangan sekali-kali Anda mencabut uban, karena akan mengganggu pertumbuhan rambut dan menjadi penyebab rambut rontok berlebihan.

3. Merusak folikel – Mencabut uban secara paksa menyebabkan rusaknya folikel yang akan berdampak pada rusaknya kesehatan selaput kepala.

4. Membuat rambut menjadi tipis – Karena mencabut uban membuat pertumbuhan rambut terhambat, akibatnya rambut terlihat semakin tipis dan jumlah uban malah justru terlihat banyak.

Itulah beberapa bahaya yang ditimbulkan dari mencabut uban. Sekarang Anda sudah mengetahui resikonya atau bahayanya. Semoga Anda bisa lebih berhati-hati.
Top