Buang Alarmmu! Dan Pakai Tips ini, Biar Bangun Pagi Lebih Seger

Komentar

speareducation.com

Kebiasaan bangun pagi memang susah dilakukan apalagi kalau aktifitas seharian begitu padat bahkan lembur hingga larut. Otomatis malam pun tak langsung bisa tidur, hingga efeknya bangun pagipun susah.

Berbagai alasan baik aktifitas ataupun kebiasaan buruk lain, membuat banyak orang susah untuk bangun pagi. Karena itu kebanyakan orang memasang alarm pagi-pagi untuk memaksa tubuhnya memulai aktifitas kembali sepagi mungkin.

Padahal, bangun tidur yang disebabkan oleh suara alarm seringkali membuat seseorang tidak bugar dan akhirnya kurang bersemangat.

Hal ini tentu tidak dirasakan mereka yang terbangun dari tidurnya secara alami. Tubuh terasa lebih segar, bersemangat dan fit untuk melakukan berbagai aktifitas.

Nah, karena terbangun dipaksa oleh alarm ini kurang baik. Maka wajibbaca.com memberikan tips yang bisa kita lakukan untuk terbangun secara alami tanpa bantuan alarm.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman India Times dikutip dari Jpnn, Senin (24/4).

1. Pantau siklus tidur Anda
Untuk mendapatkan kembali siklus tidur alami, penting untuk memantau ritme sirkadian yang merupakan jam tidur biologis alami Anda.

Ini tidak hanya penting untuk mengontrol siklus tidur, tetapi juga mengontrol efek produksi hormon tubuh, suhu tubuh dan bahkan rasa lapar Anda.

2. Istirahat kecil di kantor
Berangkat kerja sebelum matahari terbit, sebenarnya mengganggu pola tidur alami tubuh Anda.

Karena itu, penting untuk mengambil istirahat pendek di luar ruang kerja, sehingga Anda bisa mendapatkan sedikit sinar matahari.

3. Kamar yang bersih dan rapi
Sebuah survei baru-baru ini menunjukkan bahwa kondisi kamar berpengaruh pada kualitas tidur seseorang.

Menurut studi yang dilakukan oleh National Sleep Foundation itu, orang-orang yang merapikan tempat tidur mereka setiap hari, mendapatkan tidur malam yang baik juga hampir setiap hari.

Baca Juga: Cara MUDAH Mengeluarkan Semut yang Masuk ke dalam TELINGA!

4. Olahraga secara teratur
Beberapa studi telah menunjukkan bahwa olah raga teratur bisa meningkatkan kualitas tidur Anda. Terutama bagi orang-orang yang berjuang dengan insomnia atau gangguan tidur lainnya.

Anda harus melakukan setidaknya 30-40 menit latihan sebanyak 3-4 kali per minggu.

5. Kurangi asupan junk food
Dianjurkan untuk menghindari makanan yang tinggi gula, lemak, dan biji-bijian yang diproses. Mulailah mengonsumsi makanan yang terbuat dari protein tanpa lemak, sayuran, buah dan biji-bijian.

Mengonsumsi makanan berat sebelum tidur bisa mengganggu kualitas istirahat Anda. Pasalnya, tubuh akan menghabiskan lebih banyak energi untuk mencerna makanan tersebut.
Top