Berkah Hari Ini Jangan Sampai Hilang Hanya Karena Pikirkan Masalah & Keburukan yang Telah Lalu

Ada 3 waktu manusia, yakni masa lalu, sekarang dan juga besok. Berbea dengan masa lainnya yang tidak kita ketahui dan kita sangka akan terkjadi, masa lalu sangatlah berarti. Karena ada sebagian yang harus dikenang, ada yang harus dijadikan pelajaran, ada juga yang harus dilupakan.



BACA JUGA: Jangan Sampai Bocorkan 6 Hal Ini Kepada Anakmu Nanti, Apalagi Nomor 5 yang Paling Penting

Bahkan masa lalu juga bisa membuat kita kehilangan sebuah keberkahan di masa sekarang dan juga besok. Apalagi memikirkan keburukan-keburukan kemarin. Seperti yang dikutip dari humairoh.

Bukan diratapi, namun untuk diperbaiki

Keburukan dimasa lalu bukan hanya untuk diratapi, tetapi diingat untuk dibuat pelajaran agar tidak terjerumus pada kesalahan yang sama dimasa depan. Maka dari itu perbaikilah keburukan yang terjadi dimasa kemaren dengan terus memaksimalkan hari ini untuk menjadi lebih baik.



Memang, ada kalanya masa kelam terjadi, tetapi kita punya hari ini untuk mengubah semuanya menjadi lebih indah dan lebih berharga. Maka dari itu pandailah menyesali keburukan yang pernah terjadi dimasa lalu, yaitu dengan tidak bodok menggunakan waktu hari ini dalam kebaikan, agar keberkahan bisa menyanding dan menyambut kita dimasa depan.

Maksimalkan hari ini

Perbaikilah masa lalu dengan terus memaksimalkan masa sekarang dengan penuh ketekunan diri, hiduplah dengan terus merasa bahwa hari ini hari terakhir yang diberikan Allah, agar kita tidak lalai untuk melakukan perbaikan diri, karena saat kita menyadari bahwa maut bisa datang kapan saja, insyaallah hati akan terketuk untuk menjadi insan yang lebih baik.



Dan boleh saja dimasa yang lalu kita bukan siapa-siapa karena perbuatan yang dilakukan, tetapi kita punya hari ini untuk menjadi yang dianggap dimasa yang akan datang, maka dari itu pandailah memaknai segala yang hadir dalam kehidupan kita hari ini, bijaklah mengembalikan segala sesuatunya hanya kepada Allah, agar hati selalu tersentuh hidayah Allah untuk terus melangkah dalam kebaikan.

Yang terpenting, Jangan sampai kita menyesal sehingga mengunci kita tetap dalam diam. Akibatnya, kitapun lupa pada kesempatan baik hari ini. Karena tak jarang dari kita hanya karena merasa menyesal yang berkepanjangan, jadi lupa caranya memperbaiki diri menjadi lebih baik dan berkah.
Top