Berhijab Memang Menjadi Kewajiban Wanita, Namun Inilah Hijab Untuk Pria Muslim

Perempuan memiliki hijab. Lantas bagaimana dengan laki-laki? Apakah laki-laki tidak memiliki hijab? Tidak. Laki-laki pun memiliki hijab yang wajib dilaksanakan dalam hidupnya.



Apa hijab laki-laki? Yaitu menundukkan pandangannya. Menjaga pandangannya sebaik mungkin. Lalu, apakah menjaga pandangan hanya di dunia nyata? Tidak. Saat ini kita hidup di era kemajuan teknologi yang memudahkan kita untuk berkutik di dunia maya. Maka wajib pula hukumnya seorang laki-laki untuk menjaga/menundukkan pandangannya di dunia maya.

Apakah benar wajib hukumnya bagi seorang laki-laki untuk menundukkan pandangannya? Ya, wajib. Seperti yang sudah Allah firmankam di dalam Al Quran.

قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ذَلِكَ أَزْكَى لَهُمْ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ 

Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman, \"Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.\"(Qs. An Nur : 30)

Maka bagi laki-laki yang tidak menundukkan atau menjaga pandangannya baik di dunia nyata maupun di dunia maya, akan mendapatkan dosa.

ARTIKEL PILIHAN: Aku Hanya Perempuan, Aku Bisa Apa Selain Menunggu Dan Mendoakan Yang Terbaik Untukmu

Memang benar, menundukkan pandangan di zaman sekarang sangatlah sulit. Di dunia kerja, sosial media, dan lain lain.

Lalu apa balasan dari Allah bagi mereka laki-laki beriman yang mampu menjaga pandangannya di mana pun? Yaitu akan Allah berikan beningnya hati, manisnya iman yang akan mereka rasakan. Lalu bagi laki-laki yang sudah menikah yang mampu menundukkan pandangannya akan Allah jadikan istrinya seorang wanita yang paling cantik baginya.

Mohon maaf bila ada kalimat yang menyinggung, may Allah always bless our path, protect us, and guide us, Aamiin dilansir dari khazanahislam.
Top