Begitu Mengerikannya Kondisi Setan Saat Adzan Berkumandang

Selain manusia, makhluk yang juga dikisahkan pernah singgahi surge adalah setan. Karena ketamakan dan rasa irinya, setan langsung diturunkan ke bumi oleh Allah SWT bersama dengan mansuia. Makanya, mereka masih menuntut balas atas kekesalannya itu dan menggoda bangsa manusia hingga sekarang.



BACA JUGA: HEBOH! Kepala Kuntilanak Beserta Pakunya Tersimpan Dalam Toples Ini

Ada satu hal yang sangat ditakuti oleh setan itulah adzan. Bahkan mereka memberi reaksi yang benar-benar mengerikan saat mendengarnya.

Dikutip dari aritunsia, Saat itu setan akan berlari terbirit-birit sambil mengeluarkan kentut hingga suara adzan itu tidak terdengar. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sabda Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam yang artinya:

“Apabila panggilan shalat (adzan) dikumandangkan maka setan akan lari sambil kentut hingga dia tidak mendengarkan adzan lagi” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Mengapa setan begitu takut ketika mendengar suara adzan hingga setan lari darinya sambil mengeluarkan kentut? Seperti yang kita ketahui bahwa adzan berisi kalimat tauhid dan syiar-syiar islam. Adzan juga merupakan kalimat-kalimat dzikir kepada Allah Subhanahuwata’ala dan hal itu sudah pasti menyakitkan bagi setan.

Ketika mendengar adzan setan akan berputus asa dan akan lari menjauhi manusia. Ketika mendengar seruan kebaikan ini,  setan dibebani kewajiban untuk meyakini dan menjalankan kandungan seruan kebaikan tersebut. Alasan lain yang membuat setan lari terbirit- birit adalah karena mereka tidak mau menjadi saksi atas muadzin yang mengumandangkan adzan. Nabi dalam sabdanya mengatakan bahwa semua benda baik kering maupun basah nantinya akan menjadi saksi bagi muadzin yang mendapat keutamaan pada hari kiamat.

“Tidaklah adzan didengar oleh jin dan  manusia, batu dan pohon, kecuali mereka akan bersaksi untuknya.” (HR Abu Ya’la).

Namun begitu suara adzan berhenti, mereka kembali menggoda manusia. Nah, untuk menghindari setan menggoda kita, segeralah laksanakan shalat tatkala adzan berkumandang agar tidak terlanjur digoda oleh mereka.
Top