Begini Posisi Tidur Terburuk Ibu Hamil, Jika Dilakukan Berbahaya..

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 30 Apr 2017
Begini Posisi Tidur Terburuk Ibu Hamil, Jika Dilakukan Berbahaya..
via tentangibu.com

Selain kesakitan pada saat melahirkan, masa kehamilan telah begitu berat bagi seorang calon ibu. Bagaimana tidak mengandung selama 9 bulan adalah hal yang tidak gampang, Ibu hamil harus bisa menjaga pola makan maupun gerak-geriknya agar bayinya tidak mengalami hal yang buruk, dengan harapan bayi terlahir normal dan sehat.

Salah satu contohnya dalam pergerakan adalah tidur. Kita yang sehat mau tidur bagaimanapun mungkin bisa meski agak buruk akibatnya kita tanggung sendiri. Tapi tidak dengan ibu hamil.

Saat hamil, ketika hendak tidur calon ibu biasanya bergulat untuk menemukan posisi tidur yang nyaman dan enak di spring bed.

Namun sangat disayangkan, ternyata posisi tidur yang dicari sangat susah ditemukan. Posisi yang sebelum hamil yang begitu nyaman dirasa, tak lagi memberikan rasa nyaman selama masa kehamilan.

Ada banyak hal yang membuat ketidaknyamanan bagi seorang wanita yang lagi hamil ketika tidur, tetapi ada banyak posisi tidur yang mampu menolongmu untuk memperoleh istirahat yang sangat dibutuhkan di masa kehamilan

Mengutip cerminan.com, mengapa wanita hamil menjadi tidak nyaman dengan posisi tidur normal ketika tidak hamil? Saat kehamilan, tubuh akan mengalami beraneka perubahan. Mulai dari bentuk hingga hormon. Perubahan ini condong mengganggu kenyamanan tidur seorang calon ibu.

Posisi Tidur yang Harus Dihindari Saat Hamil
Ada beberapa posisi yang tak diijinkan bagi seorang wanita hamil yakni tidur berposisi terlentang kala umur kehamilan mencapai 16 pekan. Di umur kehamilan ini, sangat tak dianjurkan bagi wanita yang sedang hamil buat tidur secara terlentang.

Posisi ini bakal menciptakan semua berat rahim tertumpu pada bidang belakang tubuh, vena cava inferior juga usus.

Diluar itu tidur dengan posisi terlentang di umur kehamilan 16 pekan bakal meningkatkan resiko terkena penyakit pencernaan, wasir, sakit di pinggang, serta terganggunya saluran pernafasan.

Seiring bertambahnya umur kehamilan, perut akan alami perubahan fisik serta membuat lebih susah untuk berbaring.

Lantas bagaimana posisi yang baik untuk seorang ibu hamil?
Bagi yang sedang hamil, ada baiknya kamu pilih posisi tidur yangg cocok serta nyaman biar kamu serta janinmu terjaga bersama baik.

Begini Posisi Tidur Terburuk Ibu Hamil, Jika Dilakukan Berbahaya..

Posisi tidur yang baik buat wanita hamil merupakan Tidur posisi miring ke samping atau biasa dinamakan “Sleep on Side (SOS)”.

Bagi wanita hamil disarankan untuk tidur dengan posisi menyamping miring ke sebelah kiri. Tidur menyamping miring ke sebelah kiri mempermudah meningkatkan asupan darah serta jumlah nutrisi yang maksimal ke bayi.

Baca Juga: Cara MUDAH Mengeluarkan Semut yang Masuk ke dalam TELINGA!

Tambahkan bantal pas di tengah dengan menekuk ke-2 kakimu. Tetapi bila timbul nyeri di punggung atau perut, pindah segera bantal tersebut pas di bawah perutmu.

Bila timbul masalah spesifik seperti nyeri di ulu hati, bersegeralah lakukan konsultasil ke dokter kandungan Anda berkenaan posisi tidur yang diijinkan serta cocok dengan umur kehamilan.

Selain posisi SOS di atas, bisa pula tidur bersandar. Bersandar di bantal yang ditinggikan juga cocok dijadikan alternatif agar tidur lebih nyaman.

Semoga bermanfaat.
SHARE ARTIKEL