Bayi Kembar Laki-laki, Lantas Perlu Berapa Kambing untuk Aqiqahnya?

Komentar

"Bayi saya kembar laki-laki, berapa ya kambing yang harus saya aqiqah-kan untuk mereka?"

Sungguh menarik sekali apabila ada kabar gembira, apalagi mengenai kelahiran sang buah hati tercinta. Mereka yang sudah diperintahkan oleh Sang Illahi untuk menghiasi dunia dengan banyak cerita dan kebaikan, dimana sebagai orang tua haruslah mensyukuri nikmat tersebut.

Baca juga : Saat Masjid Jadi Objek Wisata, Tanda Akhir Zaman Sudah Semakin Jelas!

Sebagai seorang Muslim yang telah dikaruniai malaikat kecil oleh Allah SWT. Pastilah akan langsung melaksanakan akikah, sebagai bentuk rasa syukur anda atas lahirnya buah hati tersebut. Dalam tuntunan Islam dalam melaksanakan akikah dianjurkan agar menyembelih kambing sebanyak dua ekor, apabila bayi yang dilahirkan berjenis kelamin laki-laki. Sementara Perempuan cukup satu kambing yang harus menyembelih.

Dari Ummul Mukminin, ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata,

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَمَرَهُمْ عَنِ الْغُلاَمِ شَاتَانِ مُكَافِئَتَانِ وَعَنِ الْجَارِيَةِ شَاةٌ

Rasululllah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan mereka, untuk anak laki-laki akikah dengan dua ekor kambing dan anak perempuan dengan satu ekor kambing.” (HR. Tirmidzi).

Namun, pasti anda akan bertanya bila anda memiliki bayi kembar, lalu harus berapa banyak kambing yang harus di sembelih saat akikah. Terlebih untuk bayi kembar yang berjenis kelamin laki-laki.

Dilansir oleh dailymail, Aqiqah sendiri merupakan ibadah yang tergolong sunnah muakad, yaitu sunnah yang diharuskan. Namun demikian Agama memberikan rukshah (keringanan) bagi mereka yang faqir atau tidak memiliki harta untuk melakukan aqiqah. Karena Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Bertakwalah kepada Allah semampu kalian” (QS. At Taghobun: 16)

Bagaimana jika hanya mampu memotong dua kambing saja?


Sebuah hadits riwayat Abu Daud menerangkan jika Rasulullah meng-aqiqahi Hasan dan Husain masing-masing hanya satu ekor kambing.Dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata,
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَقَّ عَنِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ كَبْشًا كَبْشًا.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengakikahi Al Hasan dan Al Husain, masing-masing satu ekor gibas (domba).” (HR. Abu Daud).

Namun dalam riwayat An Nasai lafazhnya,

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ عَقَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا بِكَبْشَيْنِ كَبْشَيْنِ

Dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengakikahi Al Hasan dan Al Husain, masing-masing dua ekor gibas (domba).” (HR. An Nasai).


Baca juga : Hingga Membuat Ulama Menangis, Antara Ponselmu dan Rumah Allah!

Dalam hal ini para ulama memang berbeda pendapat, namun pendapat yang paling kuat menyebutkan bahwa boleh beraqiqah untuk lelaki dengan hanya satu ekor kambing. Meski begitu menyembelih dua ekor lebih afdhol.

Ibnu Qudamah Al Maqdisi rahimahullah mengatakan, “Akikah untuk anak laki-laki dan anak perempuan boleh sama, yaitu dengan satu ekor kambing. Inilah pendapat kebanyakan ulama. Inilah yang dipilih oleh Ibnu ‘Abbas, ‘Aisyah, Asy Syafi’i, Ishaq dan Abu Tsaur. Bahkan Ibnu ‘Umar sendiri pernah berkata, “Akikah untuk anak laki-laki dan perempuan masing-masing dengan seekor kambing.” (Al Mughni).

Itulah sedikit penjelasan mengenai akikah untuk bayi kembar. Semoga hal tersebut mampu menambah keimanan kita kepada Allah SWT, dimana aqiqah yang digunakan sebagai ungakapan syukur kehadirat Allah karena telah diberikan sosok kecil yang kelak akan membebaskan kedua orang tuanya dari siksaan api neraka.
Top