Banyak yang Heran, Mengapa Nabi Khidir Tak Masuk Daftar 25 Nabi?

Komentar

Di antara hikmah Allah Ta’ala terhadap generasi sebelum kita, Dia mengutus seorang rasul sebagai pemberi peringatan. Karena bagian dari keadilan Allah, Dia tidak akan menyiksa seorang pun diantara makhluk-Nya, kecuali setelah disampaikan dakwah kepada mereka. Karena itulah hujjah (alasan pembenar) bagi Allah untuk memberikan balasan, baik pahala maupun hukuman bagi para hamba-Nya. Allah berfirman:

وَمَا كُنَّا مُعَذِّبِينَ حَتَّى نَبْعَثَ رَسُولًا

Aku tidak akan memberi siksaan, sampai Aku mengutus seorang rasul.” (QS. Al-Isra: 15)

Artikel pilihan : Masih Ingin Bermuka Dua? Siap Saja Terima Siksa Mengerikan Ini untuk Orang yang Munafik!

Semua kelompok umat manusia yang pernah Allah ciptakan di muka bumi ini, telah mendapati dakwah seorang nabi atau rasul sebagai pemberi peringatan. Berbicara mengenai Nabi dan Rasul, tahukah berapa jumlah nabi dan rasul tersebut?

Daftar 25 orang nabi dan rasul itu sebenarnya hanyalah mereka yang secara jelas namanya tercantum di dalam Al-Qur’an dan jelas-jelas disebutkan sebagai nabi. Sedangkan nama Khidir tidak disebutkan secara eksplisit di dalam Al-Quran. Bahkan di ayat itu sama sekali tidak ada keterangan yang jelas tentang statusnya sebagai nabi atau bukan.

Selain itu juga banyak tokoh baik yang namanya disebut dalam secara eksplist dalam Al-Quran, namun bukan termasuk nabi. Misalnya Zul-Qarnain (Al-Kahfi: 83,86,94), Thalut (Al-Baqarah: 247,249), Luqman Al-Hakim (Luqman: 12,13), Imran (Ali Imran: 33,35, 66), Maryam binti Imran yang disebutkan tidak kurang dari 31 kali dan lainnya.

Ayat Al-Quran yang berkisah tentang Nabi Musa a.s. bertemu dengan Khidhir hanya menyebutkan Khidhir sebagai seorang ‘hamba dari hamba-hamba kami’. Sama sekali ayat itu tidak menyebut nama dan juga jabatan kenabian baginya. Silahkan simak baik-baik ayat berikut ini:

فَوَجَدَا عَبْدًا مِّنْ عِبَادِنَا آتَيْنَاهُ رَحْمَةً مِّنْ عِندِنَا وَعَلَّمْنَاهُ مِن لَّدُنَّا عِلْمًا

Lalu mereka bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berikan kepadanya rahmat dari sisi Kami, dan yang telah Kami ajarkan kepadanya ilmu dari sisi Kami.” (QS Al-Kahfi: 65)


Artikel pilihan : Tanpa Kamu Tahu, Ini Keadaaan Orang yang Hutangnya dibawa Mati!

Kalau yang dimaksud dengan hamba itu adalah Khidhir dan bahwa dia adalah seorang nabi, maka itu adalah hasil kesimpulan sebagian ulama ahli tafsir. Kesimpulan itu memang ada benarnya meski bukan satu-satunya versi. Sebab banyak juga yang menyimpulkan bahwa Khidhir itu hanyalah orang shalih di zamannya.

Jumlah Nabi dan Rasul


Yang jelas jumlah nabi dan rasul memang bukan hanya 25 orang saja, melainkan banyak sekali. Dalam sebuah hadits, kita mendapat informasi pasti tentang jumlah mereka.

Abu Zar bertanya kepada Rasulullah SAW, “Berapakah jumlah para nabi?” Beliau SAW menjawab, “Mereka berjumlah 124.000 orang, sebanyak 315 dari mereka adalah Rasul.” (HR Ahmad dalam musnadnya dan Al-Bani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Mungkin saja dari 124.000 orang itu salah satunya adalah nabi Khidhir a.s. Tentu dengan sekian banyak dalil yang terserak di dalam sunnah serta dalil aqli lainnya. Wallahu a’lam bishshawab.
Top