Agar Pernikahan Langgeng, Penting Untuk Menanyakan Beberapa Pertanyaan Ini Ke Diri Kita Sendiri



Sahabat, memutuskan untuk menikah merupakan keputusan yang harus dipikirkan matang-matang. Hal ini karena tentu setiap kita menginginkan pernikahan sekali seumur hidup. Selain itu pernikahan bukan saja menyatukan antara dua orang akan tetapi menyatukan dua keluarga. Sehingga banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menikah.

Pernikahan merupakan proses yang sakral dan suci. Oleh karena itu, sebelum menikah ada baiknya setiap kita menanyakan hal-hal berikut kepada diri kita,

1. Mengapa kita menikah ?

Pernahkah kita merenungkan pertanyaan tersebut? Ada baiknya sebelum menikah kita mengetahui tujuan kita menikah. Hal ini agar pernikahan kita bukan sekedar menikah karena sudah menjadi tradisi. Akan tetapi dengan mempunyai tujuan menikah, pernikahan yang akan kita jalani memiliki arah dan tujuan yang jelas.

2. Apa manfaat menikah ?

Memahami manfaat sebuah pernikahan tentu sangat penting sebelum menikah. Hal ini agar kita lebih menikmat dan merasakan keindahan pernikahan tersebut. Sehingga kita lebih menghargai dan menjaga pernikahan kita.

BACA JUGA : 5 Alasan Kenapa Suami Jarang Mau Minta Maaf Kepada Istri

3. Sejauh mana persipan kita?

Menikah bukanlah hal yang instan. Butuh persiapan baik secara agama, fisik, mental, materi dan lainnya. Sehingga sangat penting baik kita mempersiapkan diri dari segala sisi. Banyak hal yang dapat kita lakukan dalam mempersiapkan pernikahan, mulai dari mengikuti seminar pranikah, membaca buku, maupun menanyakan pengalaman orang tua.

4. Apakah proses yang kita tempuh sudah sesuai dengan islam?

Jodoh merupakan misteri. Kita tidak tahu pasti siapa jodoh kita. Akan tetapi jalan apa yang akan kita tentu? Tuhan telah menentukan jodoh kita masing-masing. Tinggal bagaimana kita menjemputnya, dengan ajalan di ridhoiNya atau jalan murka-Nya.

5. Bagaimana dengan restu orang tua kita?

Pernikahan bukan menyatukan dua orang saja, akan tetapi dua keluarga. Sangat besar peranan dari restu orang tua untuk menggapai rumah tangga yang bahagia.
Top