Agar Anak Mengerti dan Rajin Sholat, Berikut Cara Mengajari Sedari Umur 0 Hingga 10 Tahun Keatas



Buah jatuh tidak jauh dari pohonnyya, pribahasa ini bisa kita jadikan untuk mengajar anak belajar menunaikan sholat dari ayunan. Didalam konteks bimbingan pertama untuk anak-anak, kita bertanggungjawab untuk mengajar anak untuk sholat ialah salah satu amanah yang sangat penting dan berat bagi orang tua.

Mengajar dan mendidik anak untuk sholat tidak semudah kita mengajarkan anak ABC dan 123. Kita bertanggungjawab atas hal besar ini dan pasti hadir berbagai ujian dan cobaan ini memerlukan ibu bapak yang bijaksana.

Yang pertama adalah jadilah Ibu dan Bapak baik yang bisa menjadi Teladan
Ibu bapak ialah teladan yang terbaik dan terdekat untuk diikuti oleh anak.bapak yang slalu pergi ke masjid,mamanya yang slalu siap,ketika mendengar adzan dan mengatakan pada anak untuk sholat berjema’ah yaitu teladan yang terbaik untuk anak-anak bapak ibu sekalian.

Untuk Umur anak 0 – 2 Tahun Wujudkan Suasana yang Sholeh Sholehah
Biarpun anak-anak ketika kecil, tiada faham dan mengerti, tapi lingkungan yang senang dan shalehah akan menjadikan suasana biasa. Dia terbiasa melihat ibu dan bapaknya shalat tepat waktunya, shalat berjama’ah, dan tau tentang adzan dan mendengarkan bacaan ayat-ayat al-qur’an.

Berkata-lah dengan kata menyenangkan dan juga bercerita dengan sianak, contohnya ”Tunggu disebelah Ayah / ibu  ya nak,Ibu mau shalat.” Atau bisa juga ” Terima kasih anakku sayang karena telah tunggu Ayah/ibu shalat.”

ARTIKEL PILIHAN
- Karena Allah yang Menjamin, Rezeki akan Selalu Cukup untuk Hidup Tapi Tidak untuk Gaya Hidup
- Setiap Manusia Mempunyai JIN PENDAMPING "Qorin"?
- Seorang Ibu Harus Bisa Mengajarkan 8 Hal ini Kepada Anak Laki-Laki Mereka
- Sering Terbangun Tengah Malam? Baca ini, Dijamin Hati Jadi Tenang Karena Doa Kita Dijamin Terkabul

Untuk Umur Anak 2 – 3 Tahun – Ajaklah Anak Anda
Kita Sebagai ibu ayah tidak perlu merasakan jenuh buat slalu mengajak anak shalat. Biarpun mereka tidak biasa dengan ajakkan kita.Walau mereka hanya mendengarkan dan tiada dikuti, teruslah menyebut tiap kali kita mahu shalat. ”yukk ikut Ummi/Abi shalat!”

Untuk Umur Anak 4 – 6 Tahun – Buat Apa Kita Sholat?
Telah tiba waktunya buat ibu ayah berkisah  tentang kepentingan shalat pada anak anda. Pencerahan dalam bentuk cerpen bisa memberi gambaran yang bagus dan jelas pada anak.

Katakan pada anak-anak secara sering tentang masjid.Ajaklah anak ke masjid.kenalkan ahklak adab-adabnya,shalat jama’ah,hubungan sosial masyarakat dengan
jama’ah yang lain dan lain sebagainya.

Kepada umur ini pula ibu ayah telah bisa mengantar anak ke TK Islamiyah yang mengajarkan anak tentang shalat biarr anak lebih mengerti dan senang untuk shalat.

Untuk Umur 7 – 9 Tahun – Penekanannya dan Tanggungjawab
Ini merupakan tahun pengokohan bagi azas shalat untuk anak. ibu ayah telah menunjukkan teladan, ajakan dan pemahamannya dari  sejak lahir. Masa ini anak seharusnya telah tau apa saja yang penting dikerjakan ketika adzan, cara mengambilkan air wudhuk, gerakan shalat dan bacaannya di dalam shalat.

Biarpun tiada lancar dan tidak cermat,sekurang-nya anak telah ada azas. Mencapainya umur 9 tahun, ibu ayah telah mulai dikit tegas dan slalu ingatkan anak untuk shalat.

Untuk Umur 10 Tahun ke Atas – Denda dan Hukumannya
Dalam hadist bab shalat, Nabi muhammad Saw membenarkan kita untuk memukul mereka yang tidak shalat waktu ia umurnya 10 tahun. Namun sebelum ayah ibu memukul, adakah kita sudah memberikan pengertian serta teladan yang baik buat anak?

Tiada mudah untuk ibu ayah menjatuhi hukuman dan memukul anaknya. Senantiasa kita Semoga menjadi pemimpin yang adil dalam menentukan hukuman dan denda terhadap anak-anak.

Yang Terakhir adalah Doa
Selalu mengamalkan do’a Nabi Ibrahim As.

رَبِّ هَبْ لى مِنَ الصَّالِحينَ

“Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.”QS. Ash-Shaaffaat (37)


رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاَةِ وَمِن ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاء

“Ya Robbku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yg tetap melaksanakan sholat… Ya Robb kami , perkenankanlah doaku” (QS. Ibrahim: 40 )

Berbagai sistem perlu diajarkan oleh ayah ibu dilingkungan dalam mengajak anak untuk shalat Keterpaksaan dan Kekerasan hanya dapat membuntukan sistem azas pengetahuan shalat mereka.

Agar anak-anak kita dapat mengerjakan shalat lima waktu yang merupakan salah satu ibadah yang paling penting untuk seorang muslim dan muslimah. Sebagai ayah ibu kita sewajarnya memberikan pendidikan shalat secepat mungkin pada anak-anak kita mengikuti umur mereka.

Sudah baca artikelnya dan merasa informasinya penting buat dibagikan ke teman-teman dan saudara? Jangan ragu lagi buat SHARE ya! Membagikan informasi yang bermanfaat juga termasuk amal baik lho! Jika ingin mendapatkan informasi menarik lainnya, sekalian LIKE fanspage kami, Berita Islam, Orang Tua Teladan

Top