Ada Yang Tau? Apa Penyebab Nyamuk Suka Terbang Dekat Telinga?

Tidak diragukan lagi, nyamuk adalah makhluk kecil yang menyebalkan, selain bisa menyebabkan penyakit dia juga sangat mengganggu, misalnya gatal gatal dikaki karena gigitannya, dan yang paaling sering adalah nyamuk suka terbang didekat telinga manusia sehingga bunyinya sangat mengganggu.



Tapi, tahukah kamu kenapa nyamuk suka terbang didekat telinga manusia ?

Dikutip dari ramadhan.co, ada beberapa alasan kenapa nyamuk suka terbang di telinga manusia. Berikut ulasannya.

1. Nyamuk suka aroma yang keluar dari kelenjar keringat disekitar kepala

Kamu harus tahu nih, nyamuk sangat suka mencium aroma yang keluar dari kelenjar keringat disekitar kepala. Ingat, bukan telinga loh, tapi kepala. Ada kelenjar keringat yang jika mengeluarkan keringat akan tertahan  oleh rambut. sehingga mengeluarkan aroma yang khas dan disukai oleh nyamuk.

Itu sebabnya kenapa orang-orang yang tidak mandi sore lalu mengeluarkan keringat akan suka dikerumuni oleh nyamuk di sekitar kepalanya. Tapi hal ini tidak akan terjadi pada orang yang baru saja keramas atau pria yang tidak memiliki rambut alias botak.

2. Nyamuk mendeteksi panas

Telinga memiliki suhu yang mendekati suhu inti tubuh. Itu artinya suhu ditelinga adalah yang paling konstan dan paling tinggi dari suhu bagian mana pun. Nyamuk sangat suka itu sehingga ia sering mondar mandir  di sekitaran bagian telinga.

3. Nyamuk mendekati bagian yang terbuka

Ternyata nyamuk tidak hanya suka mendekati telinga loh. Nyamuk juga suka mendekati lengan dan kaki, sebab bagian-bagian tersebut sering terbuka dan tidak ditutupi dengan pakaian. Namun, hanya saja orang-orang sering tidak memperdulikannya, sedangkan di telinga orang-orang akan merasa risih dengan suaranya yang mengganggu. Jadi, jangan pernah berpikir jika nyamuk hanya suka berterbangan di bagian telinga ya.


4. Nyamuk juga membutuhkan ketenangan

Sama halnya dengan manusia, nyamuk juga butuh ketenangan pada saat menyantap makanannya. Oleh sebab itu, nyamuk seringkali terlebih dahulu berterbangan di telinga manusia untuk memastikan apakah manusia tersebut sudah tertidur pulas atau belum. Jika sudah, maka nyamuk akan lebih leluasa menyedot darahnya hingga kenyang.

Nah, itu dia ke empat alasan kenapa nyamuk suka berterbangan di telinga manusia.
Top