Ada yang Masih Kesal Dengan Kutu di Kasur? Ini Cara Ampuh Basmi Kutu Busuk

Komentar

wajibbaca.com

Kutu busuk (bed bugs) memang tidak menyebabkan penyakit. Namun, gigitan kutu busuk ini bisa memicu alergi bagi sebagian orang. Gigitan kutu busuk itu juga akan meninggalkan rasa gatal dan berpotensi infeksi jika digaruk.

Sesuai dengan namanya, kutu busuk ini umumnya muncul di kasur. Pada siang hari mereka akan bersembunyi di selah-selah sempit sehingga tidak terlihat. Dan pada malam harinya, mereka mulai bergerak dan menggigit Anda yang sedang tidur.

Kutu busuk biasanya akan mulai menggigit atau menghisap darah sebelum waktu subuh. Tak heran, jika kita sering tidak sadar saat digigit kutu busuk. Kutu busuk ini bisa dilihat secara kasat mata, namun gerakannya sangat cepat sehingga akan sulit dilihat.

Dikutip dari ciricara.com, berikut cara sederhana membasmi kutu busuk di kasur:

1. Jemur kasur dan bantal
Segera jemur kasur dan bantal Anda yang dihinggapi kutu busuk. Karena antipanas, kutu busuk akan cepat mati jika dijemur di bawah sinar matahari. Pukul-pukul bantal dan kasur sesekali sambil tetap dijemur agar kutu busuk keluar dari persembunyiannya.

2. Cuci sprei dan selimut
Sementara kasur dijemur, cuci sprei dan selimut yang biasa Anda gunakan. Siapa tahu ada kutu busuk yang bersembunyi. Disarankan untuk merendam sprei dan selimut di air panas beberapa menit agar telur dan kutu busuk yang ada bisa mati.

3. Obat pembasmi serangga
Gunakan obat pembasmi serangga yang sudah banyak dijual di supermarket. Semprot atau oleskan obat tersebut ke selah-selah kasur atau bantal. Namun, pastikan dulu obat pembasmi serangga itu aman untuk Anda. Jika masih ragu, sebaiknya semprotkan obat di dinding atau di daerah bekas tempat tidur saja.

4. Bungkus dengan plastik
Membungkus seluruh badan kasur dengan kantung plastik ternyata bisa membantu Anda terhindar dari gigitan kutu busuk. Karena tidak mendapat makanan, maka kutu busuk itu pun akan mati.

5. Periksa daerah sekitar
Selama kasur dan bantal dijemur, periksa langit-langit dan dinding rumah di sekitar tempat tidur. Pastikan tidak ada kutu busuk yang bersembunyi di sana. Biasanya selain di kasur dan bantal, kutu busuk ini juga sering bersembunyi di papan atau pun baju yang menggantung.

Kemudian jaga kebersihan tempat tidur, terutama untuk Anda yang tinggal di daerah yang padat penghuni, seperti asrama, dan pondok pesantren. Dengan demikian Anda akan terhindar dari serangan kutu busuk.
Top