6 Langkah Bagi Istri Agar Hubungan dengan Ibu Mertua Sebaik dengan Ibu Sendiri

Komentar


Menikah menyatukan dua keluarga dalam satu ikatan persaudaraan. Tentunya kita ingin menjalin hubungan yang sebaik-baiknya dengan semua keluarga dari pihak suami. Namun terkadang ada kendala untuk mewujudkannya.

Tidak jarang kita dengar adanya ketidak cocokan antara menantu dan ibu mertua. Bagaimana cara menjalin hubungan dengan ibu mertua sebaik dengan ibu sendiri?

Berikut ini adalah beberapa tips menjalin hubungan baik dengan ibu mertua:

1.Menerima Keadaan

Setelah menikah, suami dan keluarganya adalah satu paket yang harus kita terima. Bagaimanapun keadaan ibu mertua, kita harus siap menerimanya.  Ibu mertua akan selalu menjadi bagian dari perjalanan hidup pernikahan anda.

2.Mencoba memahami dan menyamakan sudut pandang

Setelah menerima keadaannya, cobalah untuk memahami dan menyamakan sudut pandang kita dengan ibu mertua. Bisa jadi apa yang menurut kita wajar, tapi dalam pandangan ibu mertua adalah sesuatu yang berlebihan/boros.

3.Menghargai Kebiasaan Keluarga Keluarga Suami

Kebiasaan yang ada pada keluarga suami mungkin akan terus berjalan sekalipun suami sudah menikah. Kebiasaan tersebut tentu sudah ada sebelum menikah.

BACA JUGA : Pasanagan Hidup Kamu Belum Dewasa Itu Bisa Dilihat Dari Hal Hal Berikut Ini 

Maka hargai ikatan keluarga pasangan dan bersikaplah suportif. Jika ada yang menurut kita kurang tepat atau cukup mengganggu, cobalah mengutarakan keberatan kepada suami dengan cara baik-baik.

4.Memperlakukan ibu mertua sebaik ibu sendiri

Berikan perhatian yang tulus kepada ibu mertua dan perlakukan seperti ibu kandung sendiri. Bersikap lembutlah dan cobalah untuk membuat beliau bahagia. Insya Allah, dengan hal tersebut ibu mertua akan menyayangi kita seperti anak kandungnya sendiri.

5.Sebisa mungkin jangan Mengadu ke Orangtua

Jika terjadi masalah atau ada rasa tidak suka pada sikap ibu mertua, cobalah untuk menyelesaikan sendiri. Sebaiknya  jangan dulu melibatkan pihak luar dalam masalah hubungan dengan ibu mertua terutama kepada orang tua kita.

Hampir dapat dipastikan orang tua pasti akan membela kita dan pada akhirnya, semakin banyak pihak yang terlibat konflik. Konflikpun membesar dan semakin sulit untuk diselesaikan.

6.Menekan ego dan bersabar

Tekan ego pribadi dan bersabarlah dalam menghadapi permasalahan dengan ibu mertua. Bukankan Allah SWT telah mengajarkan kita untuk bersabar?

‘Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sungguh Allah beserta orang-orang yang sabar (Al-Baqarah:153)

Dan bukankah akan ada buah yang sangat manis hasil dari sikap bersabar?

 “..Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang bersabar” ((Al-Baqarah:155)

Demikian 6 cara agar hubungan dengan ibu mertua sebaik dengan ibu sendiri. Tentunya memiliki hubungan yg baik dg ibu mertua adalah harapan setiap menantu.
Top