6 Hal Ini Dapat Membuat Anak Pandai Berkomunikasi dan Tidak Terlambat Bicara

Siapa sih orangtua yang tidak mau anaknya pintar berkomunikasi dan berkepribadian menyenangkan? Anda pasti mau kan? Tapi,  bagaimana apabila anak ternyata sulit untuk berbicara? Masalah ini tentunya harus diwaspadai oleh para orangtua.



Kalau dibiarkan, maka anak akan terlambat bicara dan kesulitan berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya. Apabila seorang anak yang berusia sekitar 2-3 tahun belum juga lancar bicara, maka bisa dianggap mengalami keterlambatan bicara.

Perlu diingat, anak yang terlambat bicara tidak bodoh. Mereka memiliki tingkat kepintaran yang sama dengan anak normal lainnya kok.

Daripada terus dikuasai oleh rasa khawatir yang berlebihan, Anda sebaiknya mulai mengatasi masalah ini untuk menghindari dampak psikologis yang bisa terjadi pada anak dikutip dari sayangianak.com.

Berikut 6 tips dari kami yang bisa membantu Anda mengatasi anak yang sulit untuk berkomunikasi:

1. ANDA HARUS SERING MENGAJAK ANAK BICARA UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI

Semakin sering Anda berbicara dengan anak, maka makin banyak kosakata baru yang ia dengar. Maka dari itu, jangan pernah bosan untuk melakukannya ya. Anak suka sekali ketika mendengar Anda bicara. Ia akan mengamati cara bicara dan ekspresi wajah Anda. Anak akan mengingat apa yang diucapkan oleh lawan bicaranya, dan ia akan mengucapkannya di lain hari.

2. AJARI ANAK BERINTERAKSI DENGAN TEMAN SEBAYANYA UNTUK MENGHILANGKAN RASA MALUNYA

Anak yang sulit bicara biasanya adalah pemalu. Untuk itu, biasakan anak bermain dengan teman-teman sebayanya. Ajari anak Anda bagaimana menyapa lalu mengajak anak lain untuk bermain bersama.

3. AJARI ANAK UCAPKAN KATA DAN KALIMAT DENGAN BENAR AGAR IA TIDAK CADEL

Beberapa orangtua terkadang sengaja mencadel-cadelkan kata atau kalimat yang sedang diucapkan kepada anaknya, seperti susu menjadi cucu. Padahal, orangtua sebaiknya mengajari anak untuk mengucapkan kata- kata yang benar agar ia bisa berbahasa Indonesia dengan baik.

4. SELALU DENGARKAN ANAK AGAR IA BISA MEMBUKA PIKIRANNYA DAN BEBAS MENGEKSPRESIKAN PERASAANNYA

Setiap anak tentunya memiliki masalahnya masing-masing. Untuk itu, Anda harus selalu mendengarkan apa saja yang mereka ucapkan, karena anak membutuhkan orang yang bisa membantu memecahkan masalahnya.

5. JANGAN GUNAKAN LEBIH DARI 1 BAHASA KETIKA SEDANG BERBICARA AGAR ANAK TIDAK BINGUNG

Ketika anak masih dalam tahap belajar bicara, Anda sebaiknya hanya menggunakan satu bahasa ketika sedang berbicara dengannya atau ketika sedang bicara dengan suami atau istri Anda, karena penggunaan lebih dari satu bahasa akan membuat anak bingung dan kehilangan fokus.

6. KURANGI PENGGUNAAN GADGET  KARENA BISA MEMBUATNYA SULIT BERSOSIALISASI

Sama halnya dengan orang dewasa, anak-anak juga suka menggunakan gadget, terutama untuk bermain game. Namun, Anda sebaiknya bisa tegas dalam membatasi anak untuk menggunakan gadget. 
Top