Makan Sendiri Memang Asyik, Tapi Bersama Bisa Jadi Berkah!

Penulis Unknown | Ditayangkan 03 Mar 2017

Makan Sendiri Memang Asyik, Tapi Bersama Bisa Jadi Berkah!

Di zaman modern seperti sekarang ini, dimana semua orang sudah sangat ahli jika ditanya masalah perut. Maka jawaban mereka adalah pergi ke tempat trendi untuk membeli sesuatu yang pastinya punya harga tinggi. Apalagi jika bertandang ke sebuah negara tertentu khususnya di Eropa, dimana table manner diwajibkan bagi siapapun yang ingin menikmati makanan.

Baca juga : Ketika Maaf Tak Diterima, Apa Masih Berdosa?

Sehingga piring yang disajikan pun untuk satu orang saja. Bagi sebagian orang itu hal yang wajar, karena jika ditelisik, makan bersama beberapa orang hanya dengan satu piring dianggap hal menjijikan dan terkesan norak. Namun tahukah bahwa makan bersama seperti itu sangat dianjurkan oleh Rasulullah?

Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu, beliau menyatakan bahwa beliau mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Makan satu orang itu cukup untuk dua orang. Makanan dua orang itu cukup untuk empat orang. Makanan empat orang itu cukup untuk delapan orang.” (HR. Muslim)

Hadits lainnya menunjukan, “Makanlah bersama-sama dan sebutlah nama Allah sebelumnya tentu makanan tersebut akan diberkahi.” (HR. Abu Dawud)

Berkata asy-Syaikh Salim bin Ied al-Hilaliy hafizhohullah,

(Makan) terpisah itu dapat merampas berkah dan (makan) berjamaah itu dapat mendatangkan rasa kenyang dan berkah. Menyebut nama Allah ta’ala ketika makan itu wajib dan dapat menghasilkan berkah yang diharapkan dengan memperbanyak makanan.

Makan Sendiri Memang Asyik, Tapi Bersama Bisa Jadi Berkah!

Baca juga : Anjuran Memang Panjang, Tapi Bolehkah Rok Ukhti Terseret di Tanah?

Orang yang makan sendirian kendatipun makannya banyak, akan tetap merasakan tidak cukup dan lapar berbeda dengan makan secara berjamaah meskipun makanannya sedikit. Wajib bagi umat Islam untuk selalu berjamaah di dalam setiap keadaan, di dalam makan, minum dan memerangi musuh mereka dikarenakan persatuan akidah dan syariat mereka.

Hadits dan penjelasannya di atas menunjukkan sunnahnya mengucapkan ‘bismillah’ ketika hendak makan. Juga menunjukkan disunnahkannya makan secara berjama’ah, bukan sendiri-sendiri karena padanya terdapat berkah dan dapat membuat orang yang makan itu  merasa cukup.
SHARE ARTIKEL