Hidup Memang Tentang Jatuh dan Bangun, Maka Belajarlah untuk Mengikhlaskan

Penulis Unknown | Ditayangkan 07 Mar 2017
Hidup Memang Tentang Jatuh dan Bangun, Maka Belajarlah untuk Mengikhlaskan

Seperti warna pelangi, mulai dari merah, hijau, kunging, biru, jingga, dan ungu. Semuanya mempunyai keunikan tersendiri dan memang tak bisa dipisahkan begitu saja. jika warna tersebut dipisahkan, maka yang terjadi adalah pelangi akan suram dan kehilangan keindahannya. Begitu pula dengan hidup. Hidup yang indah penuh dengan warna. Warna gelap untuk kesedihan dan warna terang untuk keceriaan.

Baca juga : Menjadi Pria Sejati itu Sulit, Jangan Hanya Janji dan Dompet Berisi!

Maka dari sinilah, kita selalu dituntut untuk belajar ikhlas. Bagaimana cara belajar ikhlas? Ah, pertanyaan itu tampaknya jadi pertanyaan yang paling sulit untuk dijawab. Mungkin kita sudah pernah menerima berbagai tips, saran, dan cara-cara untuk bisa ikhlas. Tapi tetap saja untuk bisa benar-benar ikhlas, butuh usaha yang sangat keras.

Apalagi jika berkaitan dengan melepas dan mengikhlaskan sesuatu yang tadinya begitu kita harapkan. Seperti sosok yang begitu kita cintai tapi ternyata bukan jodoh kita, pengalaman gagal saat berjuang mewujudkan sebuah impian, atau merelakan sesuatu tak jadi milik kita. Berat? Jelas, tapi saat kita bisa mengikhlaskan semua, kebaikan yang lebih besar akan kita dapatkan.

Tak Semua Harapan Bisa Jadi Kenyataan


Mungkin kita sering menyebut sesuatu tidak adil. Kadang kita merasa tak diperlakukan dengan baik. Atau hasil yang kita dapat ternyata tak sesuai dengan harapan atau usaha keras yang kita lakukan. Intinya memang tak semua harapan bisa jadi kenyataan.

Memang kita punya kewajiban untuk mengusahakan yang terbaik. Namun, kita juga harus menyadari kalau segala sesuatunya ada jalan dan takdirnya sendiri. Memaksakan kehendak tak akan memberi hasil apa-apa. Jika seseorang harus kita lepaskan maka kita lepaskan ia dengan ikhlas. Apabila ada sesuatu yang ternyata tak bisa menjadi milik kita, biarkan itu menemukan takdirnya sendiri.

Akan Selalu Ada Keajaiban Tak Terduga dalam Hidup Ini


Mungkin kamu menganggap hidupmu tak sempurna. Banyak ketidakadilan yang kamu rasa dan dapatkan. Tapi pasti akan selalu ada kejutan dan keajaibannya sendiri. Kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi ke depannya. Kita hanya bisa mengusahakan yang terbaik dan mengundang keajaiban itu datang dengan sendirinya.

Tak Ada yang Salah dengan Sedih dan Kecewa Asal Tak Berlarut-Larut


Salah satu tanda kita sudah ikhlas melepas sesuatu adalah tak lagi berlarut-larut dalam kesedihan dan kekecewaan. Memang ada luka yang kita dapat. Tapi setelah itu kita bisa kembali melangkah dan melanjutkan hidup. Ambil pelajaran dan makan dari sesuatu yang telah berlalu. Kemudian berprasangka baiklah akan ada kebaikan-kebaikan baru yang akan kita terima.

Hidup Memang Tentang Jatuh dan Bangun, Maka Belajarlah untuk Mengikhlaskan

Baca juga : Menjadi Pria Sejati itu Sulit, Jangan Hanya Janji dan Dompet Berisi!

Kita semua sama-sama belajar. Sama-sama berusaha untuk bisa menjalani hidup sebaik mungkin. Berjuang bangkit setelah mengalami kegagalan. Berani melangkah meski pernah terjatuh. Mampu menatap ke depan tanpa terpaku pada yang telah lalu. It's easier said than done. Tapi kita semua punya kemampuan untuk itu, tinggal apakah kita bisa dan mau melakukannya.

Oleh karena itu, menjalani hidup dengan sepenuh hati dan melakukan yang terbaik sangatlah penting. Sakit dan terluka memang jadi bagian dari hidup. Tapi pastinya juga akan ada bahagia, senyum, dan tawa yang akan mewarnai hidup kita.
SHARE ARTIKEL