Datang Saat Sedang Dibicarakan, Benarkah Bisa Bikin Panjang Umur?

Penulis Unknown | Ditayangkan 28 Mar 2017

Datang Saat Sedang Dibicarakan, Benarkah Bisa Bikin Panjang Umur?

“Baru saja dibicarakan, sudah datang saja, panjang umur kamu!”

Pernah mengatakan atau dicelotehi hal tersebut? Kalimat tersebut sering kali digunakan ketika sedang membicarakan seseorang, lalu orang tersebut datang pada saat itu. Pada akhirnya mereka semua yang dibicarakan dan datang ketika namanya disebut, umur panjang akan menghampiri dirinya.

Baca juga : Ajak Anak Sholat, Takut Ramai dan Bermain Sendiri, Bagaimana Baiknya Shaf Mereka?

Nampaknya kalimat itu sudah menjamur sampai hari ini. Kerapkali kejadian seperti ini kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Anehnya, ketika hal itu terjadi, seakan-akan tidak ada yang janggal dari ungkapan di atas. Bisa dikatakan hampir setiap orang terlihat sangat biasa.

Pernahkah sebelumnya bertanya, adakah hubungan antara kedatangan seseorang saat sedang dibicarakan dengan umur orang tersebut di dunia? Seperti diketahui, tidak ada satupun makhluk di dunia ini yang mengetahui umur seseorang. Hanya Allah Subhanahu wa Ta’ala yang mengetahui satu hal tersebut.

Dari Salim bin Abdillah, dari bapaknya, bahwasanya Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam bersabda, “Kunci perihal ghaib itu ada lima, yang tak ada seorangpun yang tahu selain Allah; “Sesungguhnya hanya di sisi Allah ilmu tentang kiamat, dan Dia yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim.

Dan tidak ada seorangpun yang mengetahui (dengan pasti) apa yang akan dikerjakannya esok. Dan tidak ada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha Mengenal,” (HR. Bukhari, hadits nomor: 4627).

Datang Saat Sedang Dibicarakan, Benarkah Bisa Bikin Panjang Umur?

Baca juga : Jangan Foto Bertiga, Karena Si "Tengah" Bakal Mati! Benarkah Demikian?

Umur seseorang tergantung pada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Jika Allah Subhanahu wa Ta’ala berkehendak, kalau memang datangnya seseorang di suatu tempat saat dirinya sedang dibicarakan oleh orang-orang yang ada di tempat itu merupakan salah satu asbab panjang usianya, maka itu bukanlah sesuatu yang mustahil.

Namun, apabila ungkapan tersebut disampaikan kepada seseorang dengan niat untuk mendoakan agar panjang umurnya, maka itu tidak masalah. Tapi, jika disampaikan dengan penuh keyakinan bahwa kedatangannya di saat dirinya sedang dibicarakan adalah penyebab panjang umurnya, maka yang seperti ini tidak boleh. Allahu a’lam.
SHARE ARTIKEL