Untuk Ukhti yang Sedang Haid, Ini Tips Menjaga Hati Tetap Dekat Dengan Allah


Ukhti sedang haid?
Lalu apakah saat haid kita dilarang melakukan ibadah?

Benar,  ibadah yang tidak boleh dilakukan antara lain Sholat,  Puasa dan menyentuh Al-Quran.  Bener gak?  Tapi bukan berarti kita lalu meninggalkan ibadah-ibadah  lainnya begitu saja ya, nanti hati terasa gersang.  Supaya tidak gersang kita boleh kok melakukan ibadah-ibadah yang lainnya.

  • Seperti mendengarkan Murrotal Al-Quran, karena mendengarkan Al-Quran dengan baik pahalanya sama dengan membaca Al-Quran loh ukhti…
“Dan apabila dibacakan Al Quran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat.” (QS. Al-A’raf: 204).
  • Menjaga diri dari hal yang sia-sia, termasuk menjaga kebersihan diri saat haid, agar tidak terkena penyakit. Menjaga amarah juga harus loh ukhti,  kita tau saat haid pasti akan merasakan PMS (Pre Menstruasi Sindrome) yang bawaannya pengen marah atau  menjadikan mood kita buruk.  Nah itu juga harus kita jaga loh ukhti.
  • Perbanyak Dzikir dan Istighfar pada Allah, karena kita tidak bisa sholat membaca Al-quran atau puasa sunnah maka kita bisa memperbanyak dzikir dan istighfar pada Allah.  Agar tetep deket sama Allah dan supaya tetep dijaga sama Allah. Supaya setan tidak menggoda kita jadi ada benteng kita yaitu dzikir dan istighfar kita.
  • Perbanyak Sedekah ukhti, karena sedekah sendiri akan menolong kita dan mengkayakan Jiwa kita. Hadist Nabi Muhammad :
“Wahai manusia, bertaubatlah kepada Allah, sebelum kamu mati. Bersegeralah melakukan amalan amalan salih sebelum kamu kesibukan dan hubungilah antara kamu dengan Tuhan kamu dengan membanyakkan zikir kamu kepadaNya dan banyaklah bersedekah dengan bersembunyi dan terang-terangan, nanti kamu akan diberi rezeki, ditolong dan diberi kesenangan.” (H.R Ibnu Majah).
  • Menghadiri Majilis Ilmu atau membaca Buku-buku Keagamaan Islam, ya tujuannya supaya waktu yang biasanya kita gunakan untuk Sholat atau mengaji kan jadi kosong tuh ga ngapa-ngapain. Nah dari pada gak ngapa-ngapain kan lebih baik digunakan untuk hal yang bermanfaat. Bisa nambah ilmu pengetahuan juga kan?  Nambah pengetahuan Islam juga. Berkumpul dengan orang-orang shalih juga kan.

BACA JUGA: Subhanallah, Azab Spesial dari Allah Bagi yang Melakukan Dosa-dosa Ini

Nah,  kalo ukhti sendiri hal apa yang biasa dilakukan ketika sedang haid?

Semoga apapun itu tetap bermanfaat ya. Dan diatas itu adalah sedikit tips dari saya.  Tapi pasti ukhti sendiri punya kegiatan yang lebih baik ketika sedang haid, jadi jangan sampai ditinggalkan ya meskipun sedang haid.

Semoga bermanfaat untuk ukhti semua ya
loading...
Top